Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V SDN LAMKUNYET ACEH BESAR
Pengarang
Geby Novita sari - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Intan Safiah - 197704052008122002 - Dosen Pembimbing I
Nurmasyitah - 198505072010122004 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
2006104040102
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Guru Sekolah Dasar.,
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.33
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn selain permasalahan hasil belajar, penggunaan media yang kurang maksimal ketika menyampaikan materi ajar juga menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SDN Lamkunyet Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan desain Non-equivalent Cotrol Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 42 siswa SDN Lamkunyet Aceh Besar tahun ajaran 2024/2025 yaitu 21 siswa VB kelas eksperimen dan 21 siswa VA kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan soal tes objektif sebanyak 20 butir soal untuk mengukur hasil belajar pada mata pelajaran PKn. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan media interaktif berbasis aplikasi canva dengan hasil belajar siswa berdasarkan rata-rata nilai pre-test untuk kelas eksperimen sebesar 57,9 dan kelas kontrol sebesar 55,5, Sedangkan nilai rata-rata post-test untuk kelas eksperimen sebesar 77,6 dan kelas kontrol sebesar 57,6. Adapun uji hipotesis dengan uji-t independent sample test. Hasil uji-t independent diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka kriteria pengambilan keputusan yaitu Ha diterima dan Ho ditolak. sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media interaktif berbasis aplikasi canva terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PKn kelas V SDN Lamkunyet Aceh Besar.
This research is backgrounded by the low learning outcomes of students in PKn learning, in addition to the problem of learning outcomes, the use of media that is not optimal when delivering teaching materials is also the background of this research. This research aims to find out the Effect of Using Interactive Media Based on Canva Application on Learning Outcomes in PKn Class V SDN Lamkunyet Aceh Besar. This research uses a quantitative approach to the experimental method with a Quasi Experimental Design research type with a Non-equivalent Cotrol Group Design design. Sampling using purposive sampling technique with a sample of 42 students of SDN Lamkunyet Aceh Besar for the 2024/2025 academic year, namely 21 students of the experimental class VB and 21 students of the control class VA. Data is collected using 20 objective test questions to measure learning outcomes in PKn subjects. The research results show that there is an increase in student learning outcomes after learning using interactive media based on the canva application with student learning outcomes based on the average pre-test score for the experimental class of 57.9 and the control class of 55.5, while the average post-test score for the experimental class is 77.6 and the control class is 57.6. As for the hypothesis test with t-test independent sample test. The results of the independent t-test obtained a significance value (2-tailed) of 0,000 < 0.05. So the decision-making criteria are that Ha is accepted and Ho is rejected. so, it can be concluded that there is an influence on the use of interactive media based on canva applications on learning outcomes in PKn subjects class V SDN Lamkunyet Aceh Besar
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS MATERI SISTEM TATA SURYA DI KELAS VI SDN LAMKUNYET ACEH BESAR. (MUTIARA NABILA, 2024)
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP ISLAM YPUI BANDA ACEH (SRI RAHAYU, 2024)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBASIS RNMEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS MATERI RNKEKAYAAN BUDAYA INDONESIA KELAS IV SD NEGERIRNLAMKUNYET ACEH BESAR (Syarifa indah yulia, 2024)
PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA (Muhamad Alfrian, 2024)
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS APLIKASI CANVA PADA MATERI MODE ATOM (AFDHALUL RIZQI, 2024)