PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGRNPADA MATERI STATISTIKA UNTUK SISWA KELAS X RNSMA NEGERI 1 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGRNPADA MATERI STATISTIKA UNTUK SISWA KELAS X RNSMA NEGERI 1 BANDA ACEH


Pengarang

Dhian Gunanjar - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106103020053

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata kunci : Model pembelajaran Discovery Learning, materi statistika
Pengunaan model pembelajarandalam proses belajar mengajar menjadi faktor penting untuk mencapai ketuntasan belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang mengembangkan cara belajar siswa aktif adalah model pembelajaran Discovery Learning. Model pembelajaran ini mengutamakan kegiatan siswa menemukan sendiri, menyelidiki sendiri sehingga hasil yang diperoleh akan setia dan tahan lama dalam ingatan. Statistika merupakan salah satu materi yang dipelajari di SMA dan menjadi materi yang diikutsertakan pada ujian nasional. Selain itu materi Statistika juga dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dan perkembangan kemampuan siswa pada materi Statistika melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Adapun jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan pre-experimental design jenis one shot case study. Populasi data penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Banda Aceh dan sampel diambil secara acak sebanyak satu kelas yaitu kelas X MIA-1 yang beranggotakan 29 siswa.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui nilai kuis untuk melihat perkembangan kemampuan siswa, dan hasil tes belajar untuk menguji hipotesis. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan (?) = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 28. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada materi statistika siswa kelas X SMA Negeri 1 Banda Aceh mencapai ketuntasan hasil belajar. Berdasarkan analisis perkembangan kemampuan siswa yang diperoleh dari nilai kuis pada setiap pertemuannya diperoleh bahwa terjadi peningkatan terhadap perkembangan kemampuan belajar dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada materi Statistika siswa kelas X SMA Negeri 1 Banda Aceh.





Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK