PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH CS6 UNTUK MENIGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI LITOSFER KELAS X SMA NEGERI 1 SUKA MAKMUE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH CS6 UNTUK MENIGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI LITOSFER KELAS X SMA NEGERI 1 SUKA MAKMUE


Pengarang

Rayhani - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Daska Azis - 197701012006041003 - Dosen Pembimbing I
Cut Vita Rajiatul Jummi - 199101182019032021 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2006101040019

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Geografi., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Rayhani. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Cs6
Untuk Menigkatkan Pemahaman siswa Pada Materi Litosfer Kelas X SMA Negeri
1 Suka Makmue. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Daska
Aziz S.Pd., M.A dan Cut Vita Rajiatul Jummi S.Pd., M.Pd.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan media pembelajaran
yang menarik pada pembelajaran geografi, sehingga mengurangi minat serta
motivasi belajar siswa. Pembelajaran geografi materi Litosfer pada sub bab
pelapukan memiliki keterkaitan dengan berbagai fenomena kehidupan, sehingga
jika hanya dijelaskan melalui buku paket yang tersedia akan membuat siswa
kesulitan dalam memahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan
media dan materi serta tingkat pemahaman siswa kelas X SMA Negeri 1 Suka
Makmue pada materi litosfer setelah menggunakan media pembelajaran berbasis
Adobe Flash Cs6. Jenis penelitian ini Researh and Develomment (RnD) dengan
model ADDIE. Validasi media dilakukan oleh dua orang ahli media dan satu ahli
materi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media
dan materi serta lembar tes berupa pre-test dan post-test. Analisis data kelayakan
media dan materi menggunakan rumus persentase sedangkan analisis data
pemahaman siswa terhadap materi menggunakan nila N-gain. Berdasarkan hasil
penelitian diketahui rata-rata persentase kelayakan media sebesar 91,6% dengan
kriteria sangat layak dan kelayakan materi sebesar 100% dengan kriteria sangat
layak. Hasil pre-test dan post-test siswa diketahui bahwa dari 18 siswa terdapat
10 orang (56%) siswa memiliki kriteria gain tinggi dan 8 orang (44%) memiliki
kriteria nilai gain sedang. Pemahaman siswa menunjukan adanya peningkatan
setelah belajar menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash Cs6 pada
materi litosfer. Berdasarkan hasil uji kelayakan media dan materi serta
pemahaman siswa dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash
Cs6 pada materi litosfer layak untuk digunakan sebagai salah satu media
pembelajaran di dalam kelas.

Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Adobe Flash Cs6, Pemahaman
Siswa.

Rayhani. (2024). The Development of Adobe Flash Cs6 Based Learning Media to Improve Student Understanding of Lithosphere Material Class X SMA Negeri 1 Suka Makmue. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Under direction of Daska Aziz S.Pd., M.A dan Cut Vita Rajiatul Jummi S.Pd., M.Pd. This research is motivated by the lack of interesting learning media in geography learning, thus reducing student interest and motivation to learn. Geography learning material Lithosphere in the weathering sub-chapter has a connection with various phenomena of life, so if only explained through the available textbooks, it will make it difficult for students to understand. This study aims to determine the feasibility of media and material as well as the level of understanding of class X SMA Negeri 1 Suka Makmue students on lithospheric material after using Adobe Flash Cs6- based learning media. This type of research is research and development (RnD) with the ADDIE model. Media validation was carried out by two media experts and one material expert. Data collection instruments used media and material expert validation sheets and test sheets in the form of pre-test and post-test. Data analysis of media and material feasibility used the percentage formula while data analysis of students' understanding of the material used the N-gain score. Based on the results of the study, it is known that the average percentage of media feasibility is 91.6% with very feasible criteria and material feasibility is 100% with very feasible criteria. The results of students' pre-test and post-test showed that out of 18 students, 10 people (56%) had high gain criteria and 8 people (44%) had moderate gain value criteria. Student understanding shows an increase after learning to use Adobe Flash Cs6-based learning media on lithosphere material. Based on the results of the media and material feasibility test and student understanding, it can be concluded that Adobe Flash Cs6-based learning media on lithosphere material is suitable for use as a learning media in the classroom. Keywords: Development, Learning Media, Adobe Flash Cs6, Student Understanding.

Citation



    SERVICES DESK