Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH TABUNGAN BRITAMA BANK BRI CABANG BANDA ACEH
Pengarang
Reynilda Puspita. SY - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0211220169
Fakultas & Prodi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen (S1) / PDDIKTI : 61201
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Ekonomi Univeristas Syiah Kuala., 2006
Bahasa
Indonesia
No Classification
658.834 3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kualitas layanan yang diberikan Bank BRI Cabang Banda Aeh akan menjadi penilaian tersendiri bagi nasabahnya. Secara teoritis, kepuasan terhadap layanan terkait erat dengan baik buruknya pandangan terhadap kualitas layanan yang dirasakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah tabungan Britama Bank BRI Cabang Banda Aceh Responden penelitian adalah sebanyak 100 orang nasabah tabungan Britamna yang diambli secara corvinienee sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mengedarkan kuesioner yang berisi pertanyaan/pernyataan yang berhubungan dengan lima dimensi kualitas layanan dan kepuasan nasabah. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan peralatan statistik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara umum nasabah tabungan Britama Bank BRI Cabang Banda Aceh puas terhadap pelayanan yang mereka terima dari bank tersebut. Hal ini dapat dilihat dari nilai rerata skor alternatif pilihan jawaban terhadap pernyataan yang berhubungan dengan kepuasan menunjukkan angka sebesar 4,032. Kualitas layanan BRI Cabang Banda Aceh berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah tabungan Britama. Hasil pengujian statistik BRI Kualitas layanan menunjukkan nilai F hitung sebesar 332.250 lebih besar bila dibandingkan dengan nilai F tabel pada tingkat keyakinan 95 persen menunjukkan, angka sebear 2,311. Dengan demikian hipotesis Ha diterima, sebaliknya hipotesis Ho ditolak yang bermakna, kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah tabungan BRITAMA Bank Rakyat Indonesia Cabang Banda Aceh. Secara parsial hanya dimensi responsiveness, assurance dan dimensi tangible yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini disebabkan nilai t hitung untuk ketiga dimensi tersebut masing-masing sebesar 2.283: 2.104 dan sebesar 5,861 lebih besar bila dibandingkan dengan nilai t tabel pada tingkat keyakinan 95 persen. Sebaliknya dimensi reliability dan dimensi emphaty, tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah tabungan Britama Bank BRI Cabang Banda Aceh, dan secara umum nasabah tabungan tersebut telah puas terhadap kualitas layanan yang mereka terima
Tidak Tersedia Deskripsi
ANALISIS PENGARUH DIGITAL MARKETING, KUALITAS PELAYANAN DAN KEUNGGULAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN NASABAH PT. BANK ACEH SYARIAH (Muhammad Qashmal, 2024)
MENGUKUR KEPUASAN NASABAH TABUNGAN BRITAMA TERHADAP PELAYANAN PT BANK BRI CABANG BANDA ACEH (Achyar junaidi, 2025)
PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH KANTOR CABANG PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK. BANDA ACEH (MUHAMMAD ALI, 2018)
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, BAURAN PEMASARAN, DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI PT. BANK ACEH SYARIAH (Faiz Abrar, 2019)
PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN NASABAH PADA KANTOR PUSAT BANK ACEH SYARIAH CABANG BANDA ACEH (Ihsan, 2023)