PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 44 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 44 BANDA ACEH


Pengarang

RAIHAN FAHIRA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Suci Fitriani - 198701052019032008 - Dosen Pembimbing I
Mislinawati - 198101042008122002 - Dosen Pembimbing II
Tursinawati - 198312122015042001 - Penguji
Ahadin - 196009181986031004 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

2006104040055

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Guru Sekolah Dasar.,

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.13

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Problem Based Learning (PBL) atau pembelajaran berbasis masalah memiliki keterkaitan dengan kemampuan berpikir kritis dikarenakan Problem based learning dapat membantu mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada siswa. Meskipun begitu guru masih kurang mengembangkan model-model pembelajaran yang ada, sehingga peserta didik masih pasif dan kurang tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran hal ini lah yang mempengaruhi rendahnya kemampuan berpikir kritis pada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sistem pernafasan manusia di kelas V SD Negeri 44 Banda Aceh?”. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sistem pernafasan manusia di kelas V SD Negeri 44 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif jenis penelitiannya yaitu True Eksperimental design dengan desain Pretest Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 44 Banda Aceh yang terletak di Ceurih, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling dengan peserta didik VA sebagai kelas Eksperimen yang berjumlah 29 orang dan VB sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 29 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal dan essay sebanyak 5 butir soal. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk Pretest dan Posttest, sedangkan teknik analisis data menggunakan SPSS Statistic 25 dan pengujian hipotesis dengan uji Independent Sample T-Test. Hasil pengujian hipotesis dengan statistik uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sistem pernafasan manusia di kelas V SD Negeri 44 Banda Aceh

Problem-Based Learning (PBL) is related to critical thinking skills because Problem Based Learning can help develop students' critical thinking abilities. However, teachers still tend to underutilize existing teaching models, resulting in students remaining passive and less interested in participating in learning activities. This situation affects the low levels of critical thinking skills among students. The problem formulation in this research is "Is there an effect of using the Problem Based Learning (PBL) model on critical thinking skills regarding the human respiratory system material in class V of SD Negeri 44 Banda Aceh?" This study aims to determine the effect of using the Problem Based Learning (PBL) model on critical thinking skills concerning the human respiratory system material in class V of SD Negeri 44 Banda Aceh. The approach used in this research is a quantitative approach, specifically a True Experimental Design with a Pretest Posttest Control Group Design. This study was conducted in the class V of SD Negeri 44 Banda Aceh, located in Ceurih, Ulee Kareng District, Banda Aceh City. Sampling was conducted using the Total Sampling technique, with class VA as the Experimental group consisting of 29 students and class VB as the Control group also consisting of 29 students. The instrument used in this research consists of a multiple- choice test with 20 questions and 5 essay questions. The data collection technique used tests in the form of Pretest and Posttest, while the data analysis technique utilized SPSS Statistic 25 and hypothesis testing with the Independent Sample T-Test. The results of the hypothesis testing with the Independent Sample T-Test yielded a significance value (2-tailed) of 0.000 < 0.05, thus Ho is rejected and Ha is accepted. Thus, it can be concluded that there is a significant influence of the Problem Based Learning (PBL) model on critical thinking skills regarding the human respiratory system material in class V of SD Negeri 44 Banda Aceh

Citation



    SERVICES DESK