Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH
Pengarang
MEGA MAYSARI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Dewi Andayani - 198304212015042003 - Dosen Pembimbing I
Hafnati Rahmatan - 196808231993032004 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
2006103010075
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Biologi., 2024
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Mega Maysari. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan di SMA Negeri 3 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah Bimbingan Dewi Andayani, S.Pd., M.Pd. dan Dr. Hafnati Rahmatan, M.Si.
Model inkuiri merupakan model penyajian materi yang disediakan oleh guru, dan peserta didik ditugaskan untuk mencari serta mengumpulkan sendiri berbagai informasi yang diperlukan terkait materi yang dipelajari. Pemilihan model pembelajaran ini adalah untuk menentukan keberhasilan dalam kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkat hasil belajar peserta didik pada materi perubahan lingkungan di SMA. Model penelitian yang digunakan adalah Quasi-Eksperimen dengan bentuk desain penelitian Nonequivalent Control Grup Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA N 3 Banda Aceh yang berjumlah 350 peserta didik dengan pengambilan sampel Secara Purposive Sampling, kelas X MIPAS 5 dengan jumlah peserta didik sebanyak 33 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPAS 4 dengan jumlah peserta didik sebanyak 37 orang sebagai kelas kontrol. Parameter penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan perubahan lingkungan kelas X di SMA N 3 Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan menggunkan dua macam instrumen yang terdiri dari modul ajar (non tes) dan tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 30 butir soal (tes). Hasil penelitian menunjukan bahwa, hasil analisis uji Independen Sampel T-Test terhadap postest kelas ekserimen dan kelas kontrol diperoleh nilai 23,741, hal ini menunjukkan bahwa diterima Ha karena nilai signifikan ≥ 0,05, maka terdapat pengaruh penggunan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar peserta didik. Simpulan dalam penelitian ini adalah model inkuiri terbimbing dapat diterapkan sebagai salah satu model pembelajaran pada materi perubahan lingkungan.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, Perubahan Lingkungan
ABSTRACT Mega Maysari. (2024). The Effect of Using the Guided Inquiry Model to Improve Student Learning Outcomes on Environmental Change Material at SMA Negeri 3 Banda Aceh. [Script or Undergraduate. Syiah Kuala University]. Under direction of Dewi Andayani, S.Pd., M.Pd dan Dr. Hafnati Rahmatan, M.Si. The inquiry model is a model of presenting material provided by the teacher, and students are assigned to search for and collect the various information they need regarding the material being studied. The choice of this learning model is to determine success in learning activities. The aim of this research is to determine the effect of using the guided inquiry model to improve student learning outcomes in environmental change material in high school. The research model used is a Quasi-Experiment with a Nonequivalent Control Group Design research design. The research population was all students in class X SMA N 3 Banda Aceh, totaling 350 students using purposive sampling, class people as the control class. The parameters of this research are the learning outcomes of students on the subject of environmental change in class X at SMA N 3 Banda Aceh. Data collection was carried out using two types of instruments consisting of teaching modules (non-tests) and tests in the form of 30 multiple choice questions (tests). The results of the research show that, the results of the analysis of the Independent Sample T-Test on the posttest of the experimental class and control class obtained a value of 23.741, this shows that Ha is accepted because the significant value is ≥ 0.05, so there is an influence of the use of the guided inquiry model on student learning outcomes . The conclusion in this research is that the guided inquiry model can be applied as a learning model in environmental change material. Keywords: Learning Outcomes, Guided Inquiry, Environmental Change
PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS XI IPA DI MAN BANDA ACEH 1 (WAHYUNI, 2016)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM BASA DI KELAS XI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Dewi Lestari, 2017)
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN DI SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (febriana wulandari, 2014)
PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 12 BANDA ACEH PADA MATERI KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA (Erni Fadila, 2018)
IMPLEMENTASI STRATEGI TECHNOLOGICAL PEDAGOGIC CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (ADE IRMAYUANDARI, 2023)