ANALISIS KEKUATAN CHASSIS CARBON PREPREG MALEM DIWA PROTO X-3.0 TIPE MONOCOQUE AKIBAT BEBAN DINAMIS | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS KEKUATAN CHASSIS CARBON PREPREG MALEM DIWA PROTO X-3.0 TIPE MONOCOQUE AKIBAT BEBAN DINAMIS


Pengarang

Muhammad Meizan Mulyadi - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Muhammad Tadjuddin - 197105231998021001 - Dosen Pembimbing I
Akram - 197606012006041003 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2004102010064

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Mesin (S1) / PDDIKTI : 21201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Teknik Mesin., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Chassis merupakan komponen utama kendaraan yang berfungsi sebagai penopang mesin,bodi,driver dan berbagai komponen lainnya. Chassis memerlukan perancanaan yang matang dalam pembuatannya chassis harus kuat dan kokoh untuk menopang beban dari driver mesin dan komponen lainnya. Untuk keperluan kompetisi chassis yang dirancang memerlukan bobot yang ringan demi menunjang performa kerja mesin. Pemilihan chassis jenis monocoque merupakan pemilihan yang tepat dengan kombinasi sandwich panel komposit dengan lapisan carbon prepreg dan polyurethane foam sebagai pengganti bahan metal yang pada umumnya digunakan pada chassis kendaraan. Untuk dapat diaplikasikan kombinasi material tersebut, pada penelitian ini akan menganalisis chassis Malem Diwa Proto X-3.0 menggunakan software metode elemen hingga Ansys. Setelah dilakukan pengambilan data simulasi didapatkan nilai kekuatan maksimal dari chassis tersebut pada pembebanan total 1200 N dengan tegangan maksimum 390,36 MPa, regangan maksimum 0,009526 mm dan deformasi sebesar 15,318 mm. Dimana dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa material sandwich yang digunakan pada chassis ini dinilai baik menahan deformasi atau kerusakan.
Kata Kunci: Chassis, Carbon Prepreg, polyurethane foam, sandwich panel, monocoque.

Chassis is the main component of the vehicle that serves as a support for the engine, body, driver and various other components. Chassis requires careful planning in its manufacture the chassis must be strong and sturdy to support the load from the engine driver and other components. For competition purposes, the chassis designed requires light weight to support engine performance. The selection of a monocoque type chassis is the right choice with a combination of composite sandwich panels with a layer of carbon prepreg and polyurethane foam as a substitute for metal materials that are generally used in vehicle chassis. To be able to apply the material combination, this research will analyze the Malem Diwa Proto X-3.0 chassis using Ansys finite element method software. After taking simulation data, the maximum strength value of the chassis was obtained at a total loading of 1200 N with a maximum stress of 390.36 MPa, a maximum strain of 0.009526 mm and a deformation of 15.318 mm. Where from the results of this study it can be concluded that the sandwich material used in this chassis is considered good at resisting deformation or damage. Keywords: Chassis, Carbon Prepreg, polyurethane foam, sandwich panel, monocoque.

Citation



    SERVICES DESK