Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA MAKET TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA MAN 2 ACEH BARAT
Pengarang
Dara muftiana - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Abdul Wahab - 195912311988031017 - Dosen Pembimbing I
Husna Diah - 199312102022032017 - Dosen Pembimbing II
M. Hafizul Furqan - 199106092023211019 - Dosen Pembimbing III
Mirza Desfandi - 198212132010121001 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
2006101040063
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Geografi., 2024
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.33
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Model pembelajaran discovery learning merupakan model pembelajaran yang menekankan pentingnya pemahaman suatu konsep, pengetahuan siswa dari pengalaman pada saat proses pembelajaran berlangsung. Salah satu media pembelajaran yang dapat diajarkan yaitu media maket. media maket adalah benda tiga dimensi yang dapat digunakan sebagai tiruan untuk menjelaskan keadaaan yang sebenarnya. Media maket dapat digunakan dalam pembelajaran untuk mewakili benda asli yang sulit untuk disajikan didalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantuan media maket terhadap kemampuan berpikir kritis siswa MAN 2 Aceh Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimental design, desain ini mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MAN 2 Aceh Barat yang berjumlah 80 siswa dengan pengambilan sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui Teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X D sebagai kelas eksperimen dan kelas X A sebagai kelas kontrol. Jenis tes yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu tes subjektif atau soal essay, tes subjektif umumnya memiliki jenis pertanyaan berupa uraikan, sebutkan, jelaskan, bandingkan, terangkan, bagaimana pendapat, dll. Kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikemukakan bahwa hasil uji hipotesis diperoleh nilai diperoleh nilai thitung 4,60 > ttabel = 1,68 yang berarti Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantuan media maket terhadap kemampuan berpikir kritis siswa MAN 2 Aceh Barat.
The discovery learning model is a learning model that emphasizes the importance of understanding a concept, students' knowledge from experience during the learning process. One of the learning media that can be taught is mockup media. Mockup media is a three-dimensional object that can be used as an imitation to explain the real situation. Mockup media can be used in learning to represent real objects that are difficult to present in class. The purpose of this study is to determine the effect of the use of the discovery learning model assisted by mockup media on the critical thinking ability of MAN 2 West Aceh students. The method used in this study is a quasi-experimental design, this design has a control group, but it cannot fully function to control external variables that affect the implementation of the experiment. The population in this study is all students of class X MAN 2 West Aceh totaling 80 students with sampling of two classes (experimental class and control class) through purposive sampling techniques. The samples in this study are class X D as an experimental class and class X A as a control class. The type of test carried out in this study is a subjective test or essay question, the subjective test generally has a type of question in the form of describe, mention, explain, compare, explain, how to think, etc. Then it is analyzed using normality, homogeneity and hypothesis tests. Based on the results of the data analysis, it can be stated that the results of the hypothesis test obtained a value oft-calculation 4.60 > ttable = 1.68 which means that Ha is accepted, so it can be concluded that there is an influence of the use of the discovery learning model assisted by mock-up media on the critical thinking ability of MAN 2 West Aceh students.
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP (Firaq Akbar, 2024)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA FILM DOKUMENTER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI MAN 1 PIDIE (Iza Nudia, 2024)
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD BOX TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI 9 BANDA ACEH (MULIA RIZKIANA, 2024)
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SABANG (Hershinta Desiandra, 2023)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR DI SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (DEVI AULIA RACHMAYATI, 2015)