Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PERANCANGAN GREEN MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK BILI DROE MENGGUNAKAN METODE MULTIDIMENSIONAL SCALING
Pengarang
HANIYAH KHALISHAH - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Sarika Zuhri - 198908142019032019 - Dosen Pembimbing I
Sri Rahmawati - 199401092019032012 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
2004106010068
Fakultas & Prodi
Fakultas Teknik / Teknik Industri (S1) / PDDIKTI : 26201
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Teknik Industri., 2024
Bahasa
Indonesia
No Classification
658.8
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kondisi lingkungan saat ini telah mengubah pola hidup masyarakat, dimana masyarakat sudah mulai menggunakan produk-produk ramah lingkungan dalam kesehariannya. Anyaman merupakan salah satu produk ramah lingkungan yang dapat digunakan dalam keseharian. Produk anyaman banyak dijual di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya Aceh. Bili Droe merupakan salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) anyaman yang berada di Aceh, dan produk anyaman telah banyak dijual oleh para pelaku UMKM di Aceh. Hal ini menjadikan persaingan pasar untuk produk anyaman mulai meningkat. Dengan banyaknya pesaing dalam satu pasar dapat mempengaruhi penjualan yang terjadi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merekomendasikan strategi green marketing pada UMKM Bili Droe. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode multidimensional scaling untuk mengetahui posisi produk Bili Droe berdasarkan persepsi konsumen serta keunggulan dan kelemahan yang dimiliki oleh Bili Droe sebagai dasar dalam perancangan strategi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan perceptual mapping Bili Droe berada di kuadran kedua dan unggul di beberapa atribut yang diteliti. Namun, masih ada beberapa atribut yang perlu ditingkatkan oleh Bili Droe terutama atribut kemudahan dalam mendapatkan produk, kualitas penyampaian, dan penawaran khusus. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan rekomendasi strategis kepada Bili Droe berdasarkan kajian literatur yaitu pembuatan sertifikasi label hijau, membuat vidio promosi yang berisikan isu lingkungan dan dapat membentuk citra usaha yang ramah lingkungan, memproduksi produk ready stock lebih banyak, bekerjasama dengan beberapa toko oleh-oleh, memanfaatkan media e-commerce dengan maksimal, bekerja sama dengan influencer yang peduli lingkungan jika memungkinkan, dan pemberian diskon atau harga khusus pada waktu-waktu tertentu terutama pada hari peduli lingkungan.
Current environmental conditions have changed people's lifestyles, where they have started using environmentally friendly products in their daily life. Wicker is an eco-friendly products that can be used regularly. Wicker is widely sold in various regions in Indonesia, one of which is Aceh. Wicker products are widely sold across various regions in Indonesia, including Aceh. Bili Droe is one of the Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) specializing in wicker products in Aceh, and many other MSMEs in the region also sell similar products. This makes market competition of wicker products begin to increase. The presence of many competitors in the same market can impact the sales. Therefore, this research aims to recommend green marketing strategies for the Bili Droe. The research was conducted using multidimensional scaling to determine the position of Bili Droe's products based on consumer perceptions, along with its strengths and weaknesses as a basis for strategy development. The results show that, according to perceptual mapping, Bili Droe is positioned in the second quadrant and excels in several attributes studied. However, there are still some attributes that need to be improved. Particularly in terms of product accessibility, quality of delivery, and special offers. Therefore, this research provides strategic recommendations to Bili Droe based on a literature review, including creating of green label certification, creating promotional videos focused on environmental issues to shape an eco-friendly business image, producing more ready-stock products, collaborating with souvenir shops, maximizing e-commerce platforms, partnering with environmentally conscious influencers when possible, and providing discounts or special prices on specific occasions, especially on environmental awareness days.
ANALISIS IMPACT RESEARCH PROSES PRODUKSI UMKM BILI DROE MENGGUNAKAN METODE ANALISIS STRENGTHS, OPPORTUNITIES, ASPIRATIONS, RESULTS (SOAR) (ZAHRA MUNA ZAINUDDIN, 2023)
INOVASI PRODUK KERAJINAN ANYAMAN BILI PADA DEKRANASDA ACEH BESAR (Siti Filza Rahmah, 2022)
PENGARUH ENVIRONMENTAL ATTITUDE TERHADAP GREENRN RNPURCHASING BEHAVIOR YANG DIMEDIASI OLEH GREENRNMARKETING PERCEPTIONS DAN GREEN PURCHASINGRNWILLINGNESSRNRN( STUDI PADA KONSUMEN PRODUK THE BODY SHOP DIRNKOTA BANDA ACEH) (SALMINA, 2021)
PERUMUSAN STRATEGI MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN MENGGUNAKAN MULTIDIMENSIONAL SCALING DAN PORTER’S FIVE FORCES (STUDI KASUS PT. KARYA BUMIMAS PERSADA). (TENGKU FIRZANA, 2023)
ANALISIS PENGARUH PENERAPAN ADVERTISING NON-DIGITAL DAN EVENT MARKETING TERHADAP NIAT BELI PUPUK NPK PT. ISKANDAR MUDA YANG DIMODERASI OLEH WILAYAH PENJUALAN (Fatina Yasmin, 2023)