Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EARTHCOMM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 1 MEUKEK
Pengarang
Rozatul Sepdri Yana - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Fitriani Yulianti - 198307132015012101 - Dosen Pembimbing I
M. Hafizul Furqan - 199106092023211019 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
2006101040050
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Geografi., 2024
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Rozatul Sepdri Yana. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran EarthComm Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X SMA Negeri 1 Meukek. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Fitriani Yulianti, S.P., S.Pd., M.Pd dan Dr. M. Hafizul Furqan S.Pd. M.Pd.
Pendidikan adalah faktor penting yang mempengaruhi proses kemajuan individu dan bangsa. Berkaitan dengan pentingnya pendidikan, diperlukan model pembelajaran dan metode mengajar yang memungkinkan perkembangan siswa dan keterlibatan langsung dalam kegiatan kelas. Geografi merupakan ilmu untuk mengembangkan dan membangun kemampuan berorientasi spasial. Kemampuan berpikir spasial merupakan keterampilan penting yang mendukung pemahaman siswa terhadap konsep-konsep geografi dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Model pembelajaran EarthComm, yang mengintegrasikan ilmu kebumian dengan konteks nyata, diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran EarthComm terhadap kemampuan berpikir spasial siswa pada mata pelajaran geografi SMA Negeri 1 Meukek. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental design dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Meukek yang berjumlah 122 siswa dengan pengambilan sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik purposive sampling dari empat kelas yang tersedia. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPAS 2 untuk kelas eksperimen dengan perlakuan model EarthComm dan siswa kelas X IPAS 4 untuk kelas kontrol model discovery learning. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, dokumentasi dan observasi. Kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan berpikir spasial siswa di kelas eksperimen mencapai 71,46, sedangkan kelas kontrol hanya 55,1. Uji t menunjukkan nilai t_hitung sebesar 6,29, yang lebih besar dari t_tabel 1,67 pada taraf signifikansi 5%. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran EarthComm terhadap kemampuan berpikir spasial siswa pada mata pelajaran geografi kelas X. Model ini mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar, sehingga memperkuat kemampuan berpikir spasial siswa.
Kata kunci: Model Pembelajaran, EarthComm, Berpikir Spasial, Geografi
ABSTRACT Rozatul Sepdri Yana. (2024). The Influence of the EarthComm Learning Model on Students' Spatial Thinking Skills in Geography Subjects of Class X of SMA Negeri 1 Meukek. [Skripsi. Syiah Kuala University]. Under the guidance of Fitriani Yulianti, S.P., S.Pd., M.Pd and Dr. M. Hafizul Furqan S.Pd. M.Pd. Education is an important factor that influences the progress of individuals and nations. Related to the importance of education, there is a need for learning models and teaching methods that enable student development and direct involvement in classroom activities. Geography is a science for developing and building spatial orientation skills. Spatial thinking skills are important abilities that support students' understanding of geographical concepts and their applications in everyday life. The EarthComm learning model, which integrates Earth sciences with real-world contexts, is expected to enhance student engagement and understanding. This study aims to determine the effect of the EarthComm learning model on students' spatial thinking abilities in geography at SMA Negeri 1 Meukek. This study uses a quasi experimental design type of research with a nonequivalent control group design. The population in this study consists of all 122 students in the 10th grade at SMA Negeri 1 Meukek, with samples taken from two classes (the experimental class and the control class) using purposive sampling from the four available classes. The sample in this study consists of students from class X IPAS 2 for the experimental group with the EarthComm model treatment and students from class X IPAS 4 for the control group with the discovery learning model. Data collection in this study used tests, documentation, and observation. Then analyzed using normality tests, homogeneity tests, and hypothesis tests. The analysis results show that the average spatial thinking ability score of students in the experimental class reached 71.46, while the control class only reached 55.1. The t-test showed a t_calculated value of 6.29, which is greater than the t_table value of 1.67 at a 5% significance level. Therefore, it can be concluded that the use of the EarthComm learning model has an effect on students' spatial thinking ability in the geography subject for class X. This model encourages active student engagement in the learning process, thereby strengthening students' spatial thinking ability. Keywords: Learning Model, EarthComm, Spatial Thinking, Geography
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SPATIAL BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X IPAS MAS DARUL ULUM (Muhammad Arief, 2024)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH (SITI HAJAR, 2019)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA SMAN 5 TAKENGON (LIANA AGUSTINA, 2019)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OBSERVATION LEARNING DENGAN QUANTUM TEACHING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IS SMA NEGERI 16 BANDA ACEH (NURMANSYAH PUTRA, 2020)
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA PADA MATERI MITIGASI BENCANA KELAS XI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Khairun Nisa, 2024)