Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS MATERI SISTEM TATA SURYA DI KELAS VI SDN LAMKUNYET ACEH BESAR.
Pengarang
MUTIARA NABILA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Mislinawati - 198101042008122002 - Dosen Pembimbing I
Suci Fitriani - 198701052019032008 - Dosen Pembimbing II
Rizki Kurniawati - 199106052021022101 - Dosen Pembimbing III
Ahadin - 196009181986031004 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
2006104040110
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Guru Sekolah Dasar.,
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.33
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Mutiara Nabila (2024). Pengaruh penggunaan media interaktif berbasis wordwall terhadap hasil belajar IPAS materi Sistem Tata Surya di kelas VI SDN Lamkunyet Aceh Besar. [Skripsi Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Mislinawati, S.Pdi., M.Pd dan Suci Fitriani, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini di latar belakangi oleh Hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah. Selain permasalah hasil belajar, penggunaan metode dan media yang kurang tepat dalam menyampaikan materi pembelajaran juga menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media interaktif berbasis wordwall terhadap hasil belajar IPAS materi Sistem Tata Surya di kelas VI SDN Lamkunyet Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan desain Noneequivalent Cotrol Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 39 siswa SDN Lamkunyet Aceh Besar tahun ajaran 2024/2025 yaitu 21 siswa VI A kelas eksperimen dan 18 siswa VI B kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan soal tes objektif sebanyak 8 butir soal untuk mengukur hasil belajar pada materi Sistem Tata Surya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan media interaktif berbasis wordwall dengan hasil belajar siswa berdasarkan rata-rata nilai pre-test untuk kelas eksperimen sebesar 33,8 dan kelas kontrol sebesar 34,4, Sedangkan nilai rata-rata post-test untuk kelas eksperimen sebesar 59,0 dan kelas kontrol sebesar 39,2. Adapun uji hipotesis dengan uji-t independent sample test. Hasil uji-t independent diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka kriteria pengambilan keputusan yaitu Ha diterima dan Ho ditolak. sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media interaktif berbasis wordwall terhadap hasil belajar IPAS materi Sistem Tata Surya di kelas VI SD Negeri Lamkunyet Aceh Besar.
Kata Kunci : Media interaktif berbasis wordwall, Hasil Belajar IPAS,Sistem Tata Surya.
Mutiara Nabila (2024). The influence of the use of wordwall-based interactive media on the learning results of IPAS Solar System material in class VI SDN Lamkunyet Aceh Besar. [Skripsi Syiah Kuala University]. Under direction of Mislinawati, S.Pdi., M.Pd dan Suci Fitriani, S.Pd., M.Pd. This research is based on the learning outcomes of students who are still classified as low. In addition to the problem of learning outcomes, the use of inappropriate methods and media in delivering learning materials is also the background of this research. This research aims to find out the influence of the use of wordwall-based interactive media on the learning results of IPAS Solar System material in class VI SDN Lamkunyet Aceh Besar. This research uses a quantitative approach to experimental methods with a Quasi Experimental Design research type with a Noneequivalent Cotrol Group Design design. Sampling using purposive sampling technique with a sample amount of 39 students of SDN Lamkunyet Aceh Besar for the 2024/2025 academic year, namely 21 VI A students in the experimental class and 18 VI B students in the control class. Data was collected using 8 objective test questions to measure the learning results of the Solar System material. The research results showed an increase in student learning outcomes after learning using wordwall-based interactive media with student learning outcomes based on the average pre-test score for the experimental class of 33.8 and the control class of 34.4, while the average post-test score for the experimental class was 59.0 and the control class was 39.2. As for the hypothesis test with t-test independent sample test. The results of the independent t-test obtained a significance value (2-tailed) of 0,000 < 0.05. So the decision-making criteria is that Ha is accepted and Ho is rejected. so, it can be concluded that there is an influence on the use of wordwall-based interactive media on the learning results of IPAS Solar System material in class VI of Lamkunyet Negeri SD Aceh Besar. Keywords : Wordwall-based interactive media, IPAS Learning Results, Solar System.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBASIS RNMEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS MATERI RNKEKAYAAN BUDAYA INDONESIA KELAS IV SD NEGERIRNLAMKUNYET ACEH BESAR (Syarifa indah yulia, 2024)
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS V SDN LAMKUNYET ACEH BESAR (Geby Novita sari, 2024)
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF CHEMANAL BERBASIS MICROSOFT EXCEL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (CUT NURHALISA, 2019)
PENGARUH METODE EKSPERIMEN BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL PHET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI TRANSFORMASI ENERGI KELAS IV SD NEGERI LAMKUNYET ACEH BESAR (FARAH FADHILAH, 2024)
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI KEBERAGAMAN KEBUDAYAAN INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 1 PAGAR AIR ACEH BESAR (TIARA AFRILINA, 2024)