Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING TIPE FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X IPAS DI SMAN 13 BANDA ACEH
Pengarang
UKHTI NURUL HIDAYAH - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Husaini - 196012311986031032 - Dosen Pembimbing I
Abdul Azis - 199107042021021101 - Dosen Pembimbing II
Nurasiah - 197612312005012002 - Penguji
T. Bahagia Kesuma - 198906262019031014 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1906101020074
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Sejarah., 2024
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Ukhti Nurul Hidayah, 2024. Penerapan Model Blended Learning tipe Flipped Classroom untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X IPAS di SMAN 13 Banda Aceh. Jurusan Pendidikan Sejarah.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan model Blended Learning tipe Flipped Clasroom dalam pembelajaran sejarah dan motivasi siswa terhadap penerapan model Blended Learning tipe Flipped Classrooom. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, instrument yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian yaitu lembar observasi dan angket. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPAS 1 di SMAN 13 Banda Aceh yang berjumlah 14 siswa. Berdasarkan hasil lembar observasi didapatkan hasil penerapan model Blended Learning tipe Flipped Classroom sebesar 90% dan berdasarkan lembar angket didapatkan hasil motivasi belajar siswa dari penerapan model Blended Learning tipe Flipped Classroom sebesar 89,42%. Hasil tersebut menjelaskan bahwa penerapan model Blended Learning tipe Flipped Classroom dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X IPAS 1 di SMAN 13 Banda Aceh.
Kata Kunci : Model Blended Learning tipe Flipped Classroom, Motivasi Belajar
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TIPE FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Yessi Wulandari, 2023)
PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI TERMOKIMIA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN 1 SYAMTALIRA ARON (zaharatul aini, 2023)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MEDIA KOTAK KARTU MISTERI (KOKAMI) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS 2 MAN ACEH SINGKIL (Aidil Fitriadi, 2022)
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP MELALUI MODEL FLIPPED CLASSROOM (Rika Aulia Nanda, 2022)
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMAN 12 BANDA ACEH (Zahara Silva Auliana, 2024)