PENGARUH KERAGAMAN PRODUK, HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP NIAT BELI ULANG YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PELANGGAN APOTEK DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENGARUH KERAGAMAN PRODUK, HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP NIAT BELI ULANG YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PELANGGAN APOTEK DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Abdul Hafiz - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Jasman J - 196009161987031003 - Dosen Pembimbing I
Sorayanti Utami - 196711071993032004 - Dosen Pembimbing II
Teuku Roli Ilhamsyah Putra - 198503232009121008 - Penguji
A. Sakir - 197509032002121002 - Penguji
Muliati Usman - 197804082002122002 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

2101202010013

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen (S2) / PDDIKTI : 61101

Penerbit

Banda Aceh : Prog. Studi Magister Manajemen., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

658.834 3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini menguji Pengaruh Keragaman Produk, Harga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Niat Beli Ulang yang dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan Apotek di Kota Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja obat-obatan pada 6 (enam) apotek di kota Banda Aceh. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 208 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert, dan analisis menggunakan Structural Equation Modeling SEM SmartPLS Versi 3.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa meskipun keragaman produk memiliki pengaruh positif terhadap niat membeli ulang, pengaruh ini tidak signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun variasi produk penting, manajer apotek mungkin perlu lebih fokus pada faktor lain yang lebih signifikan dalam mempengaruhi niat membeli ulang pelanggan. Harga terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli ulang. Kualitas layanan juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli ulang serta kepuasan pelanggan. Lokasi apotek juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli ulang dan kepuasan pelanggan. Harga tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, ini menunjukkan bahwa pelanggan mungkin lebih menghargai aspek lain seperti kualitas layanan dan lokasi. Oleh karena itu, manajer apotek bisa lebih fokus pada peningkatan kualitas layanan dan pemilihan lokasi yang strategis untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Kualitas layanan juga menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli ulang serta kepuasan pelanggan. Lokasi apotek juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli ulang dan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap niat membeli ulang. itu, manajer apotek bisa lebih fokus pada peningkatan kualitas layanan dan pemilihan lokasi yang strategis untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Kata Kunci: Keragaman Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi, Niat Beli Ulang, Kepuasan Pelanggan, Apotek, Kota Banda Aceh.

The aim of this research is to analyze the Effect of Product Diversity, Price, Service Quality and Location on Repurchase Intention mediated by Pharmacy Customer Satisfaction in Banda Aceh City. The population in this study were consumers who shopped for medicines at 6 (six) pharmacies in Banda Aceh City. The number of samples in this study was 208 respondents. Data collection used a Likert scale questionnaire, and analysis used Structural Equation Modeling SEM SmartPLS Version 3.0. The results of the analysis show that although product variety has a positive effect on repurchase intention, this effect is not significant. This suggests that although product variety is important, pharmacy managers may need to focus more on other factors that are more significant in influencing customer repurchase intention. Price is shown to have a positive and significant effect on repurchase intention. Service quality also shows a positive and significant effect on repurchase intention and customer satisfaction. Pharmacy location also has a positive and significant effect on repurchase intention and customer satisfaction. Price does not have a significant effect on customer satisfaction, indicating that customers may value other aspects such as service quality and location more. Therefore, pharmacy managers can focus more on improving service quality and choosing a strategic location to improve customer satisfaction. Service quality also shows a positive and significant effect on repurchase intention and customer satisfaction. Pharmacy location also has a positive and significant effect on repurchase intention and customer satisfaction. Customer satisfaction has a very significant effect on repurchase intention Keywords: Product Diversity, Price, Service Quality, Location, Repurchase Intention, Customer Satisfaction, Pharmacy, Banda Aceh City.

Citation



    SERVICES DESK