Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
ANALISIS DAUR HIDUP PRODUK WARUNG INTERNET (WARNET) DI KOTA BANDA ACEH
Pengarang
Mardhansyah Nasution - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
9901102023325
Fakultas & Prodi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen (S1) / PDDIKTI : 61201
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Ekonomi., 2008
Bahasa
Indonesia
No Classification
658.5
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kajian terhadap daur hidup produk sangat penting artinya untuk melihat prospek pemasaran suatu usaha. Selain itu, analisis terhadap product life cycle akan dapat memberikan kontribusi bagi pemilihan strategi yang akan digunakan pemilik usaha dalam memenangkan persaingan diantara sesama perusahaan sejenis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan daur hidup warnet di Kota Banda Aceh ditinjau dari perkembangan penjualan, persepsi pengguna jasa Warnet dan strategi yang digunakan pengelola warnet dalam memasarkan jasa internet di Kota Banda Aceh.
Sampel penelitian adalah sebanyak 6 Warnet yang ada di Kota Banda
Aceh yang dipilih secara purposive sampling. Responden penelitian sebanyak 180 orang pelanggan Warnet yang diambil secara convinience sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mengedarkan kuesioner. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap daur hidup (product life cycle) Warnet di Kota Banda Aceh berada pada tahap kedewasaan, yaitu tahap kedewasaan tumbuh (growth maturity) ditandai dengan menurunnya tingkat laju pertumbuhan penjualan. Sebagian warnet justu mengalami penurunan dalam jumlah pelanggannya. Intensitas persaingan relatif tinggi, disebabkan jumlah warnet yang sudah banyak, hampir diseluruh sudut kota. Dilihat dari segi minat masyarakat dalam menggunakan warnet, dapat disimpulkan bahwa pemasaran jasa warnet di Kota Banda Aceh masih memiliki prospek yang baik dimasa yang akan datang. Hal ini disebabkan pengguna jasa Warnet di Kota Banda Aceh berasal dari berbagai kalangan, terutama kalangan mahasiswa dan pelajar. Minat mereka untuk selalu menggunakan jasa Warnet tergolong tinggi. Selain itu persepsi mereka terhadap kebergunaan Warnet tergolong baik. Sehingga di masa yang akan datang, kalangan mahasiswa dan pelajar akan masih tetap mendominasi jumlah pelanggan Warnet.
Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah, dilihat dari segi penjualan tahap siklus hidup produk (product life cycle) bcrada pada tahap kedewasaan tumbuh (growth maturity). Usaha Warnet di Kota Banda Aceh masih memiliki prospek yang baik, karena pelanggan Wamet berasal dari berbagai kalangan terutama kalangan mahasiswa.
Tidak Tersedia Deskripsi
STRATEGI PEMASARAN PRODUK PAKAIAN JADI PADA DISTRO IBEX DAN FACTORY OUTLET SYAKIRA DI KOTA BANDA ACEH (Fakhrie Ristrano, 2024)
PEMBUATAN SOFTWARE BILLING UNTUK INTERNET PRABAYAR (Eva Meutia Mahdalena, 2024)
PENYALAHGUNAAN WARNET DI KALANGAN REMAJA (STUDI PADA SMA NEGERI 1 SINGKIL DI KAWASAN PASAR SINGKIL) (Hariswandi, 2018)
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN TEORI PERMAINAN PADA WARUNG INTERNET GAME ONLINE DI KOTA BANDA ACEH (Muhammad Zakwan, 2017)
FAKTOR-FAKTOR BAURAN PEMASARAN YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMAKAIAN JASA WARNET DI KOTA BANDA ACEH (Wiki Pratiwi, 2024)