PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP BRAND IMAGE PADA BADAN LAYANAN UMUM DAERAH RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP BRAND IMAGE PADA BADAN LAYANAN UMUM DAERAH RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA BANDA ACEH


Pengarang

Imran - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0401102020213

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen (S1) / PDDIKTI : 61201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ekonomi., 2011

Bahasa

Indonesia

No Classification

658.834 3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Sesuai dengan pokok permasalahan maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan rumah sakit yang terdiri dari faktor reliabilitas (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) dan bukti fisik (tangibles) terhadap brand image Rumah Sakit Umum Meuraxa Banda Aceh.
Dalam penelitian yang dilakukan, digunakan 2 jenis data untuk membantu
memecahkan masalah, yaitu ( 1) Data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dan responden yang terpilih pada lokasi penelitian, data primer diperoleh dengan memberikan kuesioner dan melakukan wawancara (2) Data sekunder yaitu data yang diperoleh melalui studi dokumentasi dan literatur dengan mempelajari berbagai tulisan dan buku-buku, jurnal-jurnal dan internet yang berkaitan dan mendukung penelitian ini.
Peralatan analisis data yang dipakai dalam penelitian ini ialah (1) Metode analisis deskriptif merupakan cara merumuskan dan menafsirkan data yang ada sehingga memberikan gambaran yang jelas mengenai brand image Rumah Sakit Umum Meuraxa Banda Aceh yang dilihat dan kondisi kualitas pelayanan yang ada berdasarkan hasil jawaban sampel (pasien) (2) Metode analisis regresi berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan variabel bebas (reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangibles) terhadap variabel terikat (brand image rumah sakit). Agar hasil yang diperoleh lebih terarah, maka penulis menggunakan bantuan program software SPSS (Statistic Product and Service Solution) versi 13.0 atau yang sejenisnya sebagai software (perangkat lunak) untuk olah data yang berkenaan dengan penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian terhadap 100 responden dengan analisis regresi berganda diperoleh penjelasan bahwa variabel kualitas pelayanan (X1, X2, X3, X4 dan X5) berpengaruh terhadap variabel brand image (Y) secara simultan.
Berdasarkan hasil penelitian terhadap 100 responden dengan analisis regresi berganda diperoleh penjelasan bahwa hanya 3 variabel independen yaitu reliabilitas
(reliability), daya tanggap (responsiveness) dan jaminan (assurance) saja yang berpengaruh secara parsial terhadap brand image. Sedangkan variabel empati (empathy) dan bukti fisik (tangibles) tidak berpengaruh secara parsial terhadap brand image.
Koefisien determinasi (R2) atau R square pada variabel brand image (Y) adalah 0.692
yang berarti 69.2% nilai brand image dipengaruhi oleh faktor-faktor independen (kualitas
pelayanan). Sedangkan sisanya 30.8% dipengaruhi oleh variabel lain atau faktor-faktor diluar model yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.
Koefisien korelasi (R) pada variabel brand image (Y) adalah 0.832 menunjukkan adanya hubungan antara faktor-faktor independen (kualitas pelayanan) terhadap brand
image, yaitu 83.2%.
Kata kunci: reliabilitas (reliability), daya tanggap (responsiveness), jarninan
(assurance), empati (empathy) dan bukti fisik (tangibles) terhadap brand image.







Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK