Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP BRAND IMAGE PADA BADAN LAYANAN UMUM DAERAH RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA BANDA ACEH
Pengarang
Imran - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0401102020213
Fakultas & Prodi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen (S1) / PDDIKTI : 61201
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Ekonomi., 2011
Bahasa
Indonesia
No Classification
658.834 3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Sesuai dengan pokok permasalahan maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan rumah sakit yang terdiri dari faktor reliabilitas (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) dan bukti fisik (tangibles) terhadap brand image Rumah Sakit Umum Meuraxa Banda Aceh.
Dalam penelitian yang dilakukan, digunakan 2 jenis data untuk membantu
memecahkan masalah, yaitu ( 1) Data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dan responden yang terpilih pada lokasi penelitian, data primer diperoleh dengan memberikan kuesioner dan melakukan wawancara (2) Data sekunder yaitu data yang diperoleh melalui studi dokumentasi dan literatur dengan mempelajari berbagai tulisan dan buku-buku, jurnal-jurnal dan internet yang berkaitan dan mendukung penelitian ini.
Peralatan analisis data yang dipakai dalam penelitian ini ialah (1) Metode analisis deskriptif merupakan cara merumuskan dan menafsirkan data yang ada sehingga memberikan gambaran yang jelas mengenai brand image Rumah Sakit Umum Meuraxa Banda Aceh yang dilihat dan kondisi kualitas pelayanan yang ada berdasarkan hasil jawaban sampel (pasien) (2) Metode analisis regresi berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan variabel bebas (reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangibles) terhadap variabel terikat (brand image rumah sakit). Agar hasil yang diperoleh lebih terarah, maka penulis menggunakan bantuan program software SPSS (Statistic Product and Service Solution) versi 13.0 atau yang sejenisnya sebagai software (perangkat lunak) untuk olah data yang berkenaan dengan penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian terhadap 100 responden dengan analisis regresi berganda diperoleh penjelasan bahwa variabel kualitas pelayanan (X1, X2, X3, X4 dan X5) berpengaruh terhadap variabel brand image (Y) secara simultan.
Berdasarkan hasil penelitian terhadap 100 responden dengan analisis regresi berganda diperoleh penjelasan bahwa hanya 3 variabel independen yaitu reliabilitas
(reliability), daya tanggap (responsiveness) dan jaminan (assurance) saja yang berpengaruh secara parsial terhadap brand image. Sedangkan variabel empati (empathy) dan bukti fisik (tangibles) tidak berpengaruh secara parsial terhadap brand image.
Koefisien determinasi (R2) atau R square pada variabel brand image (Y) adalah 0.692
yang berarti 69.2% nilai brand image dipengaruhi oleh faktor-faktor independen (kualitas
pelayanan). Sedangkan sisanya 30.8% dipengaruhi oleh variabel lain atau faktor-faktor diluar model yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini.
Koefisien korelasi (R) pada variabel brand image (Y) adalah 0.832 menunjukkan adanya hubungan antara faktor-faktor independen (kualitas pelayanan) terhadap brand
image, yaitu 83.2%.
Kata kunci: reliabilitas (reliability), daya tanggap (responsiveness), jarninan
(assurance), empati (empathy) dan bukti fisik (tangibles) terhadap brand image.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH PRODUCT INNOVATION DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA HI BATIK DI BANDA ACEH (Eka Dwi Rahmawati Hutabarat, 2024)
DAMPAK EFEKTIVITAS SERTIFIKASI HALAL, HARGA, DAN BRAND IMAGE TERHADAP PENINGKATAN MARKETING PERFORMANCE USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI KOTA BANDA ACEH (Muhammad Ikhlas Tarman, 2023)
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP BRAND IMAGE RUMAH SAKIT UMUM SAKINAH LHOKSEUMAWE, ACEH (Muhammad Taufik, 2024)
PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP BRAND LOYALTY YANG DIMEDIASI OLEH BRAND TRUST PADA PELANGGAN ATARIKI JAPAN DI KOTA BANDA ACEH (Munanda Putri Rezeki, 2023)
PENGARUH GREEN BRAND IMAGE TERHADAP GREEN BRAND EQUITY DENGAN GREEN SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PRODUK THE BODY SHOP DI KOTA BANDA ACEH (Cut nurul fathia, 2015)