PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI KEBERAGAMAN KEBUDAYAAN INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 1 PAGAR AIR ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI KEBERAGAMAN KEBUDAYAAN INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 1 PAGAR AIR ACEH BESAR


Pengarang

TIARA AFRILINA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Mislinawati - 198101042008122002 - Dosen Pembimbing I
Nurmasyitah - 198505072010122004 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2006104040109

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Guru Sekolah Dasar., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Proses kegiatan pembelajaran IPAS pada materi keberagaman kebudayaan
Indonesia masih berfokuskan pada buku teks dan hafalan, kurangnya penggunaan
media dalam pembelajaran juga berdampak pada hasil belajar peserta didik yang
berada dibawah standar ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penggunaan media wordwall terhadap hasil belajar siswa
materi keberagaman kebudayaan Indonesia kelas IV SD Negeri 1 Pagar Air
Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian
yaitu Quasi Eksperimental Design dengan model Nonequivalent Control Group
Design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas IV yang berjumlah 44 orang.
Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling total yaitu peserta didik IVB
sebagai kelas eksperimen berjumlah 21 orang dan IVA sebagai kelas kontrol
sejumlah 23 orang. Instrument yang digunakan berupa tes soal pilihan ganda
sebanyak 10 butir soal. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan teknik
analisis data menggunakan SPSS Statistic 26 serta pengujian hipotesis dengan uji
paired sample t. Berdasarkan analisa data hasil pengujian hipotesis dengan
statistik uji paired sample diperoleh nilai signifikansi sebesar
. Maka kriteria pengambilan keputusan yaitu diterima dan
ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh
penggunaan media wordwall terhadap hasil belajar siswa materi keberagaman
kebudayaan Indonesia kelas IV SD Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar.

The process of science and science learning activities on Indonesian cultural diversity material still focuses on textbooks and memorization, the lack of use of media in learning also has an impact on student learning outcomes which are below the minimum standard of completeness. This research aims to determine the effect of using wordwall media on student learning outcomes regarding Indonesian cultural diversity in class IV SD Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar. This research uses a quantitative research approach, namely Quasi Experimental Design with a Nonequivalent Control Group Design model. The research population was all class IV, totaling 44 people. Sampling used a total sampling technique, namely 21 IVB students as the experimental class and 23 IVA students as the control class. The instrument used is a multiple choice test with 10 questions. The data collection technique uses tests and the data analysis technique uses SPSS Statistics 26 and hypothesis testing uses the paired sample. Based on data analysis of the results of hypothesis testing with paired sample statistics, a significance value was obtained of So the decision making criteria, namely, are accepted and is rejected. Thus it can be concluded that there is an influence of the use of wordwall media on student learning outcomes in material on Indonesian cultural diversity in class IV SD Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar.

Citation



    SERVICES DESK