Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
ANALISIS SENSITIVITAS RESPON KONSUMEN TERHADAP BRAND EXTENSION SABUN CAIR CITRA DI KOTA BANDA ACEH
Pengarang
Armayanthi - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0401102020096
Fakultas & Prodi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen (S1) / PDDIKTI : 61201
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Ekonomi., 2008
Bahasa
Indonesia
No Classification
658.834 3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Tujuan utama dari perluasan merek (brand ekstension) tidak lain adalah untuk membuat merek lebih dikenal oleh konsumen. Efektif atau tidaknya brand ekstension dapat dilihat dari sensitivitas respon konsumen terhadap merek. Karena itu, kajian terhadap sensitivitas respon sebagai akibat dari brand ekstension sangat bermanfaat untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon konsumen terhadap perluasan merek (brand ekstension) citra untuk sabun mandi cair dengan merek citra di Kota Banda Aceh.
Respon konsumen terhadap brand ekstension dibatasi pada sabun mandi cair yang merupakan perluasan merek dari handbody lotion. Responden penelitian adalah 146 konsumen sabun mandi cair merek citra yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mengedarkan kuesioner. Selanjutnya data dianalisis menggunakan peralatan statistik deskriptif dengan metode rata-rata, dan rumus elastisitas untuk melihat perbandingan perubahan respon dengan perubahan stimuli.
Hasil penelitian menunjukkan stimuli pada kondisi sebelurn brand ekstension dengan total skor sebesar 3.059 jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan stimuli setelah brand ekstension dengan total skor sebesar 3.224. Nilai sensitivitas respon (Sr) menunjukkan angka sebesar 17,419 (lebih besar dari 1,0). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa brand ekstension merek citra dalarn bentuk sabun mandi cair, dapat menimbul respon positif dikalangan konsumen yang berarti bahwa respon konsumen terhadap merek citra menjadi lebih baik setelah adanya brand ekstension.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah perluasan merek (brand ekstension) citra pada sabun mandi cair merek citra telah mampu meningkatkan respon konsumen terhadap merek citra itu sendiri. Dengan adanya sabun mandi cair merek citra, maka jumlah konsumen yang mengetahui merek citra semakin banyak. Sebagai saran dan rekomendasi dari penelitian ini, sebaiknya produsen produk citra dapat melakukan brand ekstension citra pada produk-produk sejenis lainnya.
Tidak Tersedia Deskripsi
ANALISIS SENSITIVITAS RESPON KONSUMEN TERHADAP EKSTENSIFIKASI MEREK (BRAND EXTENSION) PRODUK ELEKTRONIK MEREK PANASONIC DI KOTA BANDA ACEH (Mukhlisinalahuddin, 2024)
PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN PERCEIVEDVALUE TERHADAP BRAND LOYALTY YANG DIMEDIASI OLEH BRAND TRUST PADA PELANGGAN MEREK EXECUTIVE DI KOTA BANDA ACEH (NAUFAL ROMIZ MALTUF, 2025)
PENGARUH BRAND COMMUNICATION DAN BRAND IMAGE TERHADAP BRAND LOYALTY YANG DI MEDIASI OLEH BRAND TRUST PADA PRODUK SKINCARE SCARLETT DI BANDA ACEH (Novayanti Ramadani, 2025)
PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP BRAND LOYALTY YANG DIMEDIASI OLEH BRAND TRUST PADA PELANGGAN ATARIKI JAPAN DI KOTA BANDA ACEH (Munanda Putri Rezeki, 2023)
“PROMOTION MIX KARTU KREDIT CO-BRAND DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH KARTU KREDIT PADA PT. BANK ACEH KPO BANDA ACEH”. (Maya Delvia , 2016)