Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO
Pengarang
Vira Afrinanda - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1006103070021
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2015
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata Kunci : Hasil Belajar, Penerapan dan Model Problem Based Learning.
Masalah dari penelitian ini adalah: (1) Apakah ada peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Kuta Baro melalui penerapan model pembelajaran problem based learning, (2) Bagaimana aktivitas guru dan siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Kuta Baro dalam menerapkan model pembelajaran problem based learning, (3) Bagaimana kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning, (4) Bagaimana respon siswa kelas VIIIA dengan diterapkan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (2) Aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran model problem based learning, (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran model problem based learning dan (4) Respon siswa terhadap penerapan model problem based learning. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMPNegeri 2 Kuta Baro yang berjumlah 22 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran model problem based learning, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran model problem based learning, dan angket respon siswa menggunakan model problem based learning. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian model problem based learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan persentase ketuntasan individual dan klasikal secara keseluruhan meningkat dari siklus pertama, siklus kedua, hingga siklus ketiga. Persentase aktivitas guru dan siswa meningkat, aktivitas guru yang banyak menggunakan waktu adalah membimbing siswa melakukan eksperimen, dan guru membimbing siswa mengolah dan menganalisis data dari eksperimen mengarahkan dan menilai presentase setiap kelompok dan aktivitas siswa yang paling banyak menggunakan waktu adalah siswa melakukan eksperimen, dan mengolah dan menganalisis data dari eksperimen, kemudian persentasi hasil eksperimen. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran model problem based learning meningkat dari skor 2,9 dengan kategori baik sekali pada siklus satu menjadi 3,1 dengan kategori baik sekali pada siklus dua dan menjadi 3,5 dengan kategori baik sekali pada siklus ketiga. Dan persentase respon siswa baik terhadap penerapan model problem based learning, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran fisika pada materi otot, rangka dan pesawat sederhana dengan menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF (COLLABORATIVE LEARNING) DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 KUTA BARO ACEH BESAR (Masyithah Dahliani, 2017)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT PEMBELAJARAN SENI TARI (Azzura Natasya, 2025)
PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN DI MTSN KUTA BARO (Masykur, 2017)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 DARUSSALAM (Cut Eka Parasamya, 2017)
PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VIII MTSN KUTA BARO ACEH BESAR (Lia Musnidar, 2015)