PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI MAN 2 BIREUEN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI MAN 2 BIREUEN


Pengarang

LAYYANA ALVIA HASIRA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Dewi Andayani - 198304212015042003 - Dosen Pembimbing I
Yaumil Istiqlal M.Nur - 199108182019031015 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2006103010039

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Biologi., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Layyana Alvia Hasira (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pernapasan di MAN 2 Bireuen. [Skripsi, Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dewi Andayani, S.Pd., M.Pd., dan Yaumil Istiqlal M.Nur, S.Pd.I., M.Pd.

Rendahnya hasil belajar siswa selama proses pembelajaran pada materi sistem pernapasan merupakan hal yang harus diperbaiki. Hasil belajar yang rendah tersebut dapat diperbaiki dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif, salah satunya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan di MAN 2 Bireuen. Penelitian ini merupakan studi quasi experiment dengan pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 2 Bireuen yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah keseluruhan siswa yaitu 118 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes pretes dan postes. Analisis pengaruh model NHT terhadap hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol digunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata N-Gain hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 72,91% yang termasuk kategori tinggi dan kelas kontrol yaitu 54,99% yang termasuk kategori sedang. Hasil analisis uji independent sample t-test terhadap data N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, maka hipotesis diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan di MAN 2 Bireuen.

Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Numbered Head Together

ABSTRACT Layyana Alvia Hasira (2024). The Influence of the Numbered Head Together (NHT) Learning Model on Student Learning Outcomes in Respiratory System Material at MAN 2 Bireuen. [Script, Syiah Kuala University]. Under the guidance of Dewi Andayani, S.Pd., M.Pd., and Yaumil Istiqlal M. Nur, S.Pd.I., M.Pd. The low student learning outcomes during the learning process on respiratory system material is something that must be corrected. These low learning outcomes can be improved by implementing cooperative learning models, one of which is the Numbered Head Together (NHT) type cooperative learning model. This research aims to determine the effect of the Numbered Head Together (NHT) learning model on student learning outcomes in respiratory system material at MAN 2 Bireuen. This research is a quasi-experimental study with a pretest posttest control group design. The population of this study were all students of class XI IPA MAN 2 Bireuen which consisted of four classes with a total of 118 students. The sample in this study was class XI IPA 3 with a total of 30 students as the experimental class and Data collection was carried out using pretest and posttest test instruments. Analysis of the influence of the NHT model on the learning outcomes of the experimental and control class using the t-test. Based on the research results, it is known that the average N-Gain value of student learning outcomes in the experimental class is 72.91% which is in the high category and in the control class is 54.99% which is in the medium category. The results of the independent sample t-test analysis of the N-Gain data for the experimental class and control class obtained a Sig value. (2-tailed) < 0.05, then the hypothesis is accepted, meaning that there is a significant influence of the NHT learning model on student learning outcomes. So it can be concluded that the Numbered Head Together (NHT) learning model influences student learning outcomes in respiratory system material at MAN 2 Bireuen. Keywords: Learning Outcomes, Learning Models, Numbered Head Together

Citation



    SERVICES DESK