Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI MAN 2 BIREUEN
Pengarang
LAYYANA ALVIA HASIRA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Dewi Andayani - 198304212015042003 - Dosen Pembimbing I
Yaumil Istiqlal M.Nur - 199108182019031015 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
2006103010039
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Biologi., 2024
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Layyana Alvia Hasira (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pernapasan di MAN 2 Bireuen. [Skripsi, Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dewi Andayani, S.Pd., M.Pd., dan Yaumil Istiqlal M.Nur, S.Pd.I., M.Pd.
Rendahnya hasil belajar siswa selama proses pembelajaran pada materi sistem pernapasan merupakan hal yang harus diperbaiki. Hasil belajar yang rendah tersebut dapat diperbaiki dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif, salah satunya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan di MAN 2 Bireuen. Penelitian ini merupakan studi quasi experiment dengan pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 2 Bireuen yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah keseluruhan siswa yaitu 118 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes pretes dan postes. Analisis pengaruh model NHT terhadap hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol digunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata N-Gain hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 72,91% yang termasuk kategori tinggi dan kelas kontrol yaitu 54,99% yang termasuk kategori sedang. Hasil analisis uji independent sample t-test terhadap data N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, maka hipotesis diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan di MAN 2 Bireuen.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Numbered Head Together
ABSTRACT Layyana Alvia Hasira (2024). The Influence of the Numbered Head Together (NHT) Learning Model on Student Learning Outcomes in Respiratory System Material at MAN 2 Bireuen. [Script, Syiah Kuala University]. Under the guidance of Dewi Andayani, S.Pd., M.Pd., and Yaumil Istiqlal M. Nur, S.Pd.I., M.Pd. The low student learning outcomes during the learning process on respiratory system material is something that must be corrected. These low learning outcomes can be improved by implementing cooperative learning models, one of which is the Numbered Head Together (NHT) type cooperative learning model. This research aims to determine the effect of the Numbered Head Together (NHT) learning model on student learning outcomes in respiratory system material at MAN 2 Bireuen. This research is a quasi-experimental study with a pretest posttest control group design. The population of this study were all students of class XI IPA MAN 2 Bireuen which consisted of four classes with a total of 118 students. The sample in this study was class XI IPA 3 with a total of 30 students as the experimental class and Data collection was carried out using pretest and posttest test instruments. Analysis of the influence of the NHT model on the learning outcomes of the experimental and control class using the t-test. Based on the research results, it is known that the average N-Gain value of student learning outcomes in the experimental class is 72.91% which is in the high category and in the control class is 54.99% which is in the medium category. The results of the independent sample t-test analysis of the N-Gain data for the experimental class and control class obtained a Sig value. (2-tailed) < 0.05, then the hypothesis is accepted, meaning that there is a significant influence of the NHT learning model on student learning outcomes. So it can be concluded that the Numbered Head Together (NHT) learning model influences student learning outcomes in respiratory system material at MAN 2 Bireuen. Keywords: Learning Outcomes, Learning Models, Numbered Head Together
TEACHING READING BY USING NUMBERED HEADS TOGETHER FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (MUSTIANANDA VONNA, 2021)
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (RINA PURNAMA SARI, 2014)
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN PADA MATERI PROKLAMASI RNKEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS V RNSD NEGERI 2 BANDA ACEH (Tia Rianda, 2014)
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBEREDRNHEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI MASALAH SOSIALRNDI KELAS IV SD NEGERI 40 BANDA ACEH (Dewiana, 2015)
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN STRATEGI BISNIS BERISIKO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI SISTEM GERAK DI SMA NEGERI 1 BUKIT BENER MERIAH (Rahmi, 2017)