HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP IBU DAN PROMOSI IKLAN SUSU FORMULA DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS BAITUSSALAM ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP IBU DAN PROMOSI IKLAN SUSU FORMULA DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS BAITUSSALAM ACEH BESAR


Pengarang

Emi Puspita Sari - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1107101010125

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2015

Bahasa

Indonesia

No Classification

613.269

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ASI Eksklusif adalah ASI yang diberikan sedini mungkin setelah persalinan, diberikan tanpa jadwal dan tidak diberi makanan pendamping ASI sampai bayi usia 6 bulan tapi pemberian ASI eksklusif di Indonesia masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, sikap ibu dan promosi iklan susu formula dengan pemberian ASI eksklusif di Puskesmas Baitussalam Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analitik observasional dengan desain cross sectional dan teknik pengambilan sampel secara accidental sampling dari tanggal 16 Februari sampai 17 maret 2015, responden berjumlah 31 orang ibu. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan teknik wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan ibu yang memberi ASI eksklusif sebanyak 51,6% dan tidak memberi ASI eksklusif 48,4%. Pengetahuan baik 48,4% dan pengetahuan kurang 51,6%. Sikap positif 74,2% dan sikap negatif 25,8%. Promosi iklan susu formula 45,2% dan tidak ada promosi iklan susu formula 54,8%. Hasil penelitian dengan uji Chi-Square dan Fisher’s Exact Test terdapat hubungan antara pengetahuan ibu (p=0,019), sikap ibu (p=0,015) dan promosi iklan susu formula (p=0,020) dengan pemberian ASI eksklusif. Kesimpulan terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap ibu dan promosi iklan susu formula dengan pemberian ASI eksklusif.
Kata kunci: ASI Eksklusif, pengetahuan, sikap, promosi iklan susu formula

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK