Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP IBU DAN PROMOSI IKLAN SUSU FORMULA DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS BAITUSSALAM ACEH BESAR
Pengarang
Emi Puspita Sari - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1107101010125
Fakultas & Prodi
Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2015
Bahasa
Indonesia
No Classification
613.269
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ASI Eksklusif adalah ASI yang diberikan sedini mungkin setelah persalinan, diberikan tanpa jadwal dan tidak diberi makanan pendamping ASI sampai bayi usia 6 bulan tapi pemberian ASI eksklusif di Indonesia masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, sikap ibu dan promosi iklan susu formula dengan pemberian ASI eksklusif di Puskesmas Baitussalam Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analitik observasional dengan desain cross sectional dan teknik pengambilan sampel secara accidental sampling dari tanggal 16 Februari sampai 17 maret 2015, responden berjumlah 31 orang ibu. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan teknik wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan ibu yang memberi ASI eksklusif sebanyak 51,6% dan tidak memberi ASI eksklusif 48,4%. Pengetahuan baik 48,4% dan pengetahuan kurang 51,6%. Sikap positif 74,2% dan sikap negatif 25,8%. Promosi iklan susu formula 45,2% dan tidak ada promosi iklan susu formula 54,8%. Hasil penelitian dengan uji Chi-Square dan Fisher’s Exact Test terdapat hubungan antara pengetahuan ibu (p=0,019), sikap ibu (p=0,015) dan promosi iklan susu formula (p=0,020) dengan pemberian ASI eksklusif. Kesimpulan terdapat hubungan antara pengetahuan, sikap ibu dan promosi iklan susu formula dengan pemberian ASI eksklusif.
Kata kunci: ASI Eksklusif, pengetahuan, sikap, promosi iklan susu formula
Tidak Tersedia Deskripsi
HUBUNGAN PENGETAHUAN, STATUS EKONOMI, PEKERJAAN, IKLAN SUSU FORMULA DAN ALASAN MEDIS DENGAN PEMBERIAN SUSU FORMULA PADA BAYI DI RSUDZA BANDA ACEH (Muhammad Fajrul Islam Siregar, 2016)
PENGARUH PEMBERIAN ASI DAN SUSU FORMULA TERHADAP PH PLAK ANAK USIA 12-24 BULAN DI PUSKESMAS DARUSSALAM (T. Iwan Surya , 2016)
HUBUNGAN SIKAP DAN PENGETAHUAN IBU TERHADAP PEMBERIAN INISIASI MENYUSU DINI (IMD) SERTA ASI EKSLUSIF DI PUSKESMAS ULEE KARENG BANDA ACEH 2011 (Munira Ulfah, 2022)
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN IBU TERHADAP PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BLANG BINTANG ACEH BESARRNRNBLANG BINTANG ACEH BESAR (zulfahlayya, 2014)
HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG ASI EKSKLUSIF DENGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA BAYI DI GAMPONG LAMGUGOB KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2012 (Eri Maulidar, 2022)