Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
STRATEGI PEMASARAN SULTHAN HOTEL BANDA ACEH SETELAH TSUNAMI
Pengarang
Suryandra - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0201102010107
Fakultas & Prodi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen (S1) / PDDIKTI : 61201
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Ekonomi., 2008
Bahasa
Indonesia
No Classification
658.8
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Penelitian ini dilakukan di Sulthan Hotel Banda Aceh yang merupakan salah satu hotel berbintang tiga yang beralamat di Jalan Sulthan Hotel No. 1 Banda Aceh. Dan objek penelitian adalah "Strategi Pemasaran" yang diterapkan oleh Sultan Hotel Banda Aceh Setelah Tsunami.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Pemasaran Sulthan Hotel Banda Aceh dengan urutan langkah-langkahnya sebagai berikut: Visi, Misi, Tujuan, Segmentasi Pasar, Target Pasar, Posisioning, Analisis SWOT, Konsep Strategi Product Life Cycle (PLC) dan Konsep Strategi Matrix General Electric (GE). Sumber data diperolel dari Badan Pusat Statistik Banda Aceh (BPS), dan dari hasil wawancara (data Primer) dengan manajer Sulthan Hotel tentang tahapan-tahapan yang telah disebutkan diatas.
Dari hasil penelitian dengan menggunakan konsep strategi Product Life Cycle (PLC),
menunjukkan posisi Sulthan Hotel Banda Aceh setelah terjadinya Tsunami berada pada siklus Macurity (kematangan). Dimana tingkat hunian kamarnya dari tahun ketahun mengalami kenaikkan hingga sampai sekarang. Dengan mempergunakan Analisis SWOT, posisi Sulthan Hotel Banda Aceh berada pada Kuadran ke-2 yaitu, mendukung strategi diversi.fikasi (produk/pasar). Dimana strategi yang harus diterapkan adalah menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang, meskipun menghadapi berbagai ancaman, perusahaan ini masih memiliki kekuatan dari segi internal. Sedangkan dengan menggunakan konsep strategi Matrix General Electric (GE) menunjukkan, bahwa Sulthan Hotel Banda Aceh memiliki daya tarik pada tingkat menengah, dan kekuatan bisnisnya pada posisi yang kuat, dan strategi yang digunakan adalah Strategi Investasi Untuk Tumbuh (Growth Strtegy).
Setelah kejadian Tsunami hingga sampai sekarang sekarang, Sulthan Hotel Banda Acch haruslah dapat menentukan harga dengan aset yang bersaing dan harus dapat mengembangkan produk baru serta menambah kualitas pelayanan kepada konsumen. Hal ini haruslah dapat dilakuakan oleh pihak Sulthan Hotel untuk menghadapi para pesaing. Schingga tingkat hunian kamar Sulthan Hotel pada tahun berikutnya akan terus mengalami peningkatan, seperti yang terlihat pada grafik PLC Sulthan Hotel Banda Aceh. Sulthan Hotel Banda Aceh juga
memiliki tugas, untuk tumbuh selektif bersdasarkan kekuatan yang ada, harus dapat memperkuat daerah yang rapuh, dan memfokuskan diri pada segmen pasar yang menguntungkan.
Tidak Tersedia Deskripsi
STRATEGI PEMASARAN SULTHAN HOTEL BANDA ACEH SETELAH TSUNAMI (Suryandra, 2024)
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HOTEL KYRIAD MURAYA ACEH DALAM MENARIK MINAT PENGUNJUNG (Anggie Imanda, 2018)
PENGARUH DIMENSI PELAYANAN DAN LOYALITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN HOTEL SULTHAN BANDA ACEH (Ria Andryani, 2024)
EVALUASI INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) PADA HERMES PALACE HOTEL KOTA BANDA ACEH DI TENGAH PANDEMI COVID-9 TAHUN 2022 (SYARIFAH INTAN RAUDHAH, 2022)
PENGARUH DIMENSI KUALITAS HUBUNGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SULTHAN HOTEL INTERNATIONAL BANDA ACEH (Muhammad Iqbal Arif, 2024)