PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA MATERI SENI TARI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 16 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA MATERI SENI TARI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 16 BANDA ACEH


Pengarang

Khairun Nisa - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Cut Zuriana - 197801142006042002 - Dosen Pembimbing I
Ramdiana - 197609162006042001 - Dosen Pembimbing II
Mukhsin Putra Hafid - 197607022006041001 - Penguji
Yeni Zuryaningsih - - - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

2006102030119

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (S1) / PDDIKTI : 88209

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (S1)., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Khairun Nisa. (2024). Penerapan Model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar seni budaya materi seni tari. Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 16 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala] dibawah bimbingan Cut Zuriana, S.Pd., M.Pd., dan Ramdiana, S.Sn., M.Sn.
Rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni budaya materi seni tari merupakan fenomena yang ditemukan oleh banyak guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model Cooperative learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi seni tari. Penelitian ini merupakan studi kuasi eksperimen dengan desain penelitian pre-test post-test control grup design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 16 Banda Aceh dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Teknik observasi, dokumentasi dan tes.Untuk melihat adanya perbedaan hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol digunakan uji-t pada taraf signifikansi 0,05 setelah prasyarat pengujian terpenuhi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa 1) Peningkatan hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 2) Peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model Cooperative Tipe Teams Games Tournament (TGT) yakni memperoleh kategori sedang dan tinggi; 3) Peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu pada kategori rendah. Penerapan model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik.

Kata kunci : Cooperative Learning, Teams Games Tournament, hasil belajar

ABSTRACT Khairun Nisa. (2024). Penerapan Model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar seni budaya materi seni tari. Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 16 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala] dibawah bimbingan Cut Zuriana, S.Pd., M.Pd., dan Ramdiana, S.Sn., M.Sn. Rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni budaya materi seni tari merupakan fenomena yang ditemukan oleh banyak guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model Cooperative learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi seni tari. Penelitian ini merupakan studi kuasi eksperimen dengan desain penelitian pre-test post-test control grup design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 16 Banda Aceh dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Teknik observasi, dokumentasi dan tes.Untuk melihat adanya perbedaan hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol digunakan uji-t pada taraf signifikansi 0,05 setelah prasyarat pengujian terpenuhi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa 1) Peningkatan hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 2) Peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model Cooperative Tipe Teams Games Tournament (TGT) yakni memperoleh kategori sedang dan tinggi; 3) Peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu pada kategori rendah. Penerapan model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Kata kunci : Pembelajaran koperatif, Teams Games Tournament, hasil belajar

Citation



    SERVICES DESK