Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN MEDIS, PARAMEDIS, DAN PENUNJANG MEDIS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT HARAPAN BUNDA BANDA ACEH
Pengarang
Zefri Maulana - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0401102020133
Fakultas & Prodi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen (S1) / PDDIKTI : 61201
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Ekonomi Univeristas Syiah Kuala., 2009
Bahasa
Indonesia
No Classification
658.834 3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Rumah Sakit Harapan Bunda sebagai institusi yang memberikan pelayanan publik sangat penting artinya masyarakat Kota Banda Aceh. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan, rumah sakit tersebut sudah berupaya memenuhi kebutuhan operasionalnya dalam bentuk penyediaan tenaga medis, fasilitas penunjang medis dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan medis, kualitas pelayanan paramedis dan kualitas pelayanan penunjang medis terhadap kepuasan pasicn di Rumah Sakit Harapan Bunda Banda Aceh. Responden penelitian adalah sebanyak 144 pasien yang diambil secara convinience sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mengedarkan kuesioner. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan peralatan statistik regresi tinier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa kualitas pelayanan medis, paramedis clan penunjang med is berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Harapan Bunda Banda Aceh. Semakin baik persepsi pasien terhadap pelayanan medis, paramedis. dan penunjang medis, akan semakin tinggi pula tingkat kepuasan mereka menerima pelayanan dari rumah sakit tersebut. Hubungan antara ketiga variable independen (kualitas pclayanan medis, paramedis, dan penunjang medis) dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap termasuk katagori sedang (tidak erat clan tidak lemah), ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,534. Hasil pengujian statistikmenyimpulkan baik secara simultan maupun secara parsial ketiga variabel independen kualitas pelayanan medis, paramedis dan penunjang medis) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Harapan Bunda Banda Aceh. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah tinggi rendahnya kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Harapan Bunda terkait erat dengan baik buruknya persepsi mereka terhadap kualitas pelayanan medis, kuatitas pelayanan paramedis, dan kualitas pelayanan penunjang medis di rumah sak.it tersebut. karena itu, sebaiknya pimpinan Rumah Sakit Harapan Bunda dipandang perlu untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi pasiennya terutama pasien rawat inap.
Tidak Tersedia Deskripsi
GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN JKA DI RUANG RAWAT INAP BEDAH RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (mulya gunawan, 2014)
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT HARAPAN BUNDA BANDA ACEH (Firdansyah, 2024)
PENGARUH KEMAMPUAN DAN MOTIVASI KERJA PARAMEDIS TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT TEUNGKU FAKINAH BANDA ACEH (Cut Andraina Yasmina, 2024)
GAMBARAN KELENGKAPAN PENGISIAN FORMULIR REKAM MEDIS RAWAT INAP BULAN JANUARI DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (ARIES MUNANDAR, 2014)
PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2018 (CUT FASYA ZALISKA, 2019)