Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
ANALISIS PENGARUH EMOSIONAL, LAYANAN UMUM, DAN BIAYA TERHADAP LOYALITAS PASIEN PADA RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH
Pengarang
Ilham - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0301102020081
Fakultas & Prodi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen (S1) / PDDIKTI : 61201
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Ekonomi., 2010
Bahasa
Indonesia
No Classification
658.812
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Loyaltas pasien terhadap pelayanan rumah sakit dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya kondisi erosional pasien, layanan umum dan biaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetanui kondisi erosional pasien, pcsepsi pada layanan umum dan biaya sehubungan dengan pelayanan kesehatan serta pengaruh ketiga variabel tersebut terhadap loyalitas pasien di Rumah Sakit Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh.
Responden penelitian sebanyak 108 orang pasien rawat inap dan rawat jalan yang
diambil secara proporsional sampling pada masing-masing jenis pelayanan. Pengumpulan
data menggunakan kuesioner. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan peralatan
statistik regresi linier berganda
Penelitian menemukan bahwa secara umum pasien Rumah Sakit Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh memiliki loyalitas yang tinggi terhadap rumah sakit tersebut. Layanan yang diberikan sudah mendapatkan respon emosional yang baik dikalangan pasien. Selain itu, pasien juga sudah memiliki persepsi yang relatif baik terhadap layanan umum yang mereka terima dan biaya yang mereka keluarkan untuk memperoleh layanan kesehatan. Hasil pengujian statistik menunjukkan nilai F hitung > F tbel dan nilai t hitung masing- masing variabel independen > t tabel sehingga hipotesis Ha diterima dan sebaliknya hipotesis Ho ditolak yang berarti, baik secara siraultan maupun secara parsial. erosional, layanan umum dan biaya berpengaruh positif teradap loyalitas pasien di Rumah Sakit Umum Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Dengan demikian semakin baik pandangan pasien terhadap faktor erosional, layanan umum dan biaya yang dikeluark sehubungan dengan layanan kesehatan yang mereka terima, akan semakin tirggi pula loyaltas mereka terhadap rumah sakit tersebut.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah, tinggi rendahnya
loyalitas pasien Rumah Sakit Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh sangat ditentukan oleh
faktor erosional pasien dan baik buruknya penilaian mereka terhadap layanan umum dan
biaya layanan kesehatan yang harus mereka keluarkan. Dengan demikian sebaiknya phi ak
manajemen rumah sakit tersebut selalu berupaya memperbaiki pelayanannya dan menetapkan biaya pelayanan yang terjangkau bagi seluruh masyarakat.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGARUH EMOSIONAL PEKERJA TERHADAP KINERJA; PENYAMPAIAN AFEKTIF SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI PADA PERAWAT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (YUNI ANANDA ZULFIDA, 2016)
PERKEMBANGAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN TAHUN 1979-2016 (Fitriana Dewinta, 2017)
GAMBARAN SELF-MANAGEMENT PADA PASIEN POST STROKE DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN (Akrima Sabila, 2022)
PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DAN REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PELANGGAN LAYANAN TELKOMSEL DI BANDA ACEH (AGUSTINI, 2024)
ANALISA PERBANDINGAN KINERJA RUMAH SAKIT DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS PADA BADAN PELAYANAN KESEHATAN - RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN DAN RUMAH SAKIT TEUNGKU FAKINAH, BANDA ACEH) (Mukmin, 2024)