PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG


Pengarang

Rahmi - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Anwar - 196603221991021001 - Dosen Pembimbing I
Usman - 197412312001121003 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2006103020066

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Matematika., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami persepsi ruang sehingga kemampuan dasar geometri siswa, khususnya pada kemampuan menggambar bangun ruang menjadi rendah. Siswa menganggap permasalahan yang berkaitan dengan gambar sangat sulit, akibatnya hasil belajar siswa pada materi bangun ruang rendah, khususnya dalam menggambar bangun ruang. Penerapan model Discovery learning pada materi bangun ruang berbantuan GeoGebra merupakan salah satu solusi dari permasalahan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model discovery learning berbantuan GeoGebra dengan hasil belajar siswa menggunakan model discovery learning tanpa berbantuan GeoGebra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre- and posttest control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIB sebagai kelas kontrol masing-masing sebanyak 20 siswa. Tempat pelaksanaan penelitian adalah SMPN 1 Simpang Tiga Aceh Besar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tentang kemampuan dan keterampilan menggambar yang diberikan sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) pembelajaran. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan nilai t hitung sama dengan 4,4345 dan t tabel sama dengan 1,685 atau t hitung lebih dari t tabel dengan taraf signifikansi 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model discovery learning berbantuan GeoGebra lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model discovery learning tanpa berbantuan GeoGebra pada materi bangun ruang siswa kelas VII SMPN 1 Simpang Tiga Aceh Besar.

Kata Kunci: Bangun ruang, Discovery learning, GeoGebra, Hasil belajar

The lack of use of media in learning causes students to have difficulty in understanding the perception of space so that the basic geometry skills of students, especially in the ability to draw a space becomes low. Students consider problems related to images to be very difficult, as a result, student learning outcomes in the material of building space are low, especially in drawing space. The application of the Discovery learning model on the material of building space assisted by GeoGebra is one solution to this problem. This study aims to determine the difference in student learning outcomes using the discovery learning model assisted by GeoGebra with student learning outcomes using the discovery learning model without GeoGebra assistance. This study used a quantitative approach with a pre- and posttest control group design. The research sample was class VIIA students as the experimental class and class VIIB students as the control class of 20 students each. The place of research was SMPN 1 Simpang Tiga Aceh Besar. Data collection was carried out using tests on drawing ability and skills given before (pretest) and after (posttest) learning. The research data were analysed using independent sample t test. The results showed the value of t count equal to 4.4345 and t table equal to 1.685 or t count more than t table with a significance level of 0.05, so it can be concluded that the learning outcomes of students taught with the discovery learning model assisted by GeoGebra are better than the learning outcomes of students taught with the discovery learning model without the help of GeoGebra on the material of building space students in class VII SMPN 1 Simpang Tiga Aceh Besar.

Citation



    SERVICES DESK