HUBUNGAN NILAI MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN RNKEWIRAUSAHAAN (PKK) DENGAN INTENSI BERWIRAUSAHA RNSISWA SMKN 1 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN NILAI MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN RNKEWIRAUSAHAAN (PKK) DENGAN INTENSI BERWIRAUSAHA RNSISWA SMKN 1 BANDA ACEH


Pengarang

MUHAJIR - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Nazaruddin - 197506172008121002 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

2006101030054

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : FKIP Ekonomi., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Muhajir. (2024). Hubungan Nilai Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan
Kewirausahaan (PKK) Dengan Intensi Berwirausaha Siswa SMKN 1 Banda
Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Nazaruddin,
S.E., M.Ed dan Asmaul Husna S.Pd., M.Pd.
Nilai mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan merupakan bukti dari
kesungguhan seorang siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran dan
menunjukan kemampuan siswa dalam mencapai hasil belajar. Adapun yang
banyak terjadi pada siswa yang mempelajari pengetahuan produk kreatif dan
kewirausahaan, mereka masih kurang terarahkan akan hasil belajar yang siswa
terima dengan keberlanjutan dari ketercapaian tersebut, dan masih kurang dalam
mempersiapkan diri dan melihat peluang kedepan sehingga berdampak pada
intensi berwirausaha siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan
antara nilai mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan dengam intensi
berwirausaha siswa SMKN 1 Banda Aceh. Penelitian ini mengunakan pendekatan
kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini
seluruh siswa kelas XI jurusan pemasaran di SMKN 1 Banda Aceh yang
berjumlah 54 siswa dari dua kelas konsentrasi yaitu, bisnis digital dan bisnis
retail. Adapun sampel penelitian yaitu keseluruhan dari populas atau sampel total.
Teknik pengumpulan data mengunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis
data mengunakan rumus korelasi product moment dan pengujian hipotesis
mengunakan rumus Uji-t, serta mengunakan bantuan program SPSS versi 29 for
windows. Berdasarkan perhitungan korelasi product moment diperoleh nilai
korelasi sebesar 0,049 menunjukan hubungan antara nilai mata pelajaran produk
kreatif dan kewirausahaan dengan intensi berwirausaha pada tingkatan sangat
rendah. Selanjutnya hasil uji hipotesis pada taraf signifikan 5% yaitu diterima
yang dibuktikan dengan diperoleh thitung = 0,359 > ttabel = 0,268 maka
penerimaan terhadap Ha dan Ho ditolak, yang berarti bahwa terdapat hubungan
yang positif antara nilai mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan dengan
intensi berwirausaha siswa SMKN 1 Banda Aceh.
Kata Kunci: Nilai, Mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan, Intensi
Berwirausaha Siswa

ABSTRAK Muhajir. (2024). The Relationship between Creative Products and Entrepreneurship (PKK) Subject Values and Entrepreneurial Intentions of SMKN 1 Banda Aceh Students. [Thesis. Syiah Kuala University]. Under the guidance of Dr. Nazaruddin, S.E., M.Ed and Asmaul Husna S.Pd., M.Pd. The value of creative product and entrepreneurship subjects is evidence of a student's seriousness in carrying out the learning process and shows the student's ability to achieve learning outcomes. What often happens to students who study creative product knowledge and entrepreneurship is that they are still less focused on the learning outcomes that students receive and the sustainability of these achievements, and are still lacking in preparing themselves and looking at future opportunities, which has an impact on students' entrepreneurial intentions. This research aims to determine the relationship between the value of creative products and entrepreneurship subjects and the entrepreneurial intentions of students at SMKN 1 Banda Aceh. This research uses a quantitative approach with a correlational research type. The population in this study were all class XI students majoring in marketing at SMKN 1 Banda Aceh, totaling 54 students from two concentration classes, namely, digital business and retail business. The research sample is the entire population or total sample. Data collection techniques use questionnaires and documentation. The data analysis technique uses the product moment correlation formula and hypothesis testing uses the t-test formula, as well as using the help of the SPSS version 29 for Windows program. Based on product moment correlation calculations, a correlation value of 0.049 or 4.9% is obtained, resulting in a relationship between the value of creative product and entrepreneurship subjects and entrepreneurial intentions at a very low level. Furthermore, the results of the hypothesis test at the 5% significance level are accepted as proven by obtaining t_count = 0.359 > t_tabel = 0.268, so acceptance of Ha and Ho is rejected, which means that there is a positive relationship between the value of creative products and entrepreneurship subjects and the entrepreneurial intentions of SMKN students. 1 Banda Aceh. Keywords: Values, Creative Products and Entrepreneurship Subjects, Students' Entrepreneurial Intentions

Citation



    SERVICES DESK