Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DI KELAS X MAN 1 BANDA ACEH
Pengarang
Intan Rizky Perdana - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Subhayni - 197911262006041004 - Dosen Pembimbing I
Muhammad Idham - 197610072006041002 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1706102010028
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) / PDDIKTI : 88201
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia., 2024
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Intan Rizky Perdana. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Teks Laporan Hasil Observasi Di Kelas X MAN 1 Banda Aceh. (Skripsi Universitas Syiah Kuala). Di bawah bimbingan Subhayni, S.Pd., M.Pd., dan Muhammad Idham, S.Pd., M.Ed.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran discovery learning pada materi Teks Laporan Hasil Observasi di kelas X MAN 1 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada pada siswa kelas X MAN 1 Banda Aceh, peneliti menggunakan satu kelas saja yaitu kelas X MIA 1 sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun data yang dianalisis dari hasil observasi penelitian ini meliputi, (1) modul ajar, (2) proses pembelajaran dan, (3) hasil belajar siswa. disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning pada teks laporan hasil observasi di kelas X MAN 1 Banda Aceh sebagai berikut. Hasil dari penelitian ini adalah (1) penyusunan modul ajar yang dibuat oleh guru mata pelajaran bahasa indonesia sudah lengkap dan tepat. (2) proses pelaksaan pembelajaran di kelas yang diterapkan oleh guru sudah terarah dan sesuai dengan modul ajar. Ini semua terlihat ketika guru mengajar di ruang kelas, dengan mengikuti modul ajar yang telah disusun. Pelaksanaannya pun sangat menarik bagi siswa, sehingga berdampak dengan bagusnya nilai yang diperoleh oleh siswa. (3) hasil pembelajaran didapat oleh siswa sudah sangat memuaskan.hal ini terbukti dengan pemerolehan nilai siswa rata-rata KKM, yakni 75. Nilai rata-rata yang didapatkan oleh siswa kelas X-1 adalah 90.
Kata kunci: Discovery Learning, Pembelajaran, Teks Laporan Hasil Observasi.
ABSTRACT Intan Rizky Perdana. (2024). Application of the Discovery Learning Learning Model in Text Material for Observation Results Reports in Class X MAN 1 Banda Aceh. (Syiah Kuala University Thesis). Under the guidance of Subhayni, S.Pd., M.Pd., and Muhammad Idham, S.Pd., M.Ed. The purposes of this research is to describe the application of the discovery learning model to the Observation Report Text material in class X MAN 1 Banda Aceh. This research uses a qualitative approach and descriptive research type. This research was carried out on class X MAN 1 Banda Aceh students, the researcher used only one class, namely class X MIA 1, with 30 students. The data collection techniques used in this research are observation, interview and documentation techniques. The data analyzed from the results of this research observation include, (1) teaching modules, (2) learning processes and, (3) student learning outcomes. It was concluded that the application of the discovery learning model in the text of the observation report in class X MAN 1 Banda Aceh was as follows. The results of this research are (1) the preparation of teaching modules made by Indonesian language subject teachers is complete and correct. (2) the process of implementing learning in class implemented by the teacher is focused and in accordance with the teaching module. This can all be seen when teachers teach in the classroom, by following the teaching modules that have been prepared. The implementation is also very interesting for students, so it has an impact on the good grades obtained by students. (3) the learning outcomes obtained by students are very satisfactory. This is proven by the average student score obtained for KKM, namely 75. The average score obtained by class X-1 students is 90. Keywords: Discovery Learning, Learning, Observation Report Text.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Isra Wulan Sari, 2016)
PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING PADA MATERI KONSEP MOL KELAS X DI SMAN 9 BANDA ACEH (DWI MIFTAKHUL JANNAH, 2018)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MIND MAPPING PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP NEGERI 16 BANDA ACEH (ULFA MEIRIDA, 2018)
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 2 BANDA ACEH (muthmainnah, 2015)
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI HIDROKARBON DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SIGLI, PIDIE (TIA ZULIANI, 2017)