PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DI KELAS X MAN 1 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DI KELAS X MAN 1 BANDA ACEH


Pengarang

Intan Rizky Perdana - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Subhayni - 197911262006041004 - Dosen Pembimbing I
Muhammad Idham - 197610072006041002 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1706102010028

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) / PDDIKTI : 88201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Intan Rizky Perdana. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Teks Laporan Hasil Observasi Di Kelas X MAN 1 Banda Aceh. (Skripsi Universitas Syiah Kuala). Di bawah bimbingan Subhayni, S.Pd., M.Pd., dan Muhammad Idham, S.Pd., M.Ed.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran discovery learning pada materi Teks Laporan Hasil Observasi di kelas X MAN 1 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada pada siswa kelas X MAN 1 Banda Aceh, peneliti menggunakan satu kelas saja yaitu kelas X MIA 1 sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun data yang dianalisis dari hasil observasi penelitian ini meliputi, (1) modul ajar, (2) proses pembelajaran dan, (3) hasil belajar siswa. disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning pada teks laporan hasil observasi di kelas X MAN 1 Banda Aceh sebagai berikut. Hasil dari penelitian ini adalah (1) penyusunan modul ajar yang dibuat oleh guru mata pelajaran bahasa indonesia sudah lengkap dan tepat. (2) proses pelaksaan pembelajaran di kelas yang diterapkan oleh guru sudah terarah dan sesuai dengan modul ajar. Ini semua terlihat ketika guru mengajar di ruang kelas, dengan mengikuti modul ajar yang telah disusun. Pelaksanaannya pun sangat menarik bagi siswa, sehingga berdampak dengan bagusnya nilai yang diperoleh oleh siswa. (3) hasil pembelajaran didapat oleh siswa sudah sangat memuaskan.hal ini terbukti dengan pemerolehan nilai siswa rata-rata KKM, yakni 75. Nilai rata-rata yang didapatkan oleh siswa kelas X-1 adalah 90.
Kata kunci: Discovery Learning, Pembelajaran, Teks Laporan Hasil Observasi.

ABSTRACT Intan Rizky Perdana. (2024). Application of the Discovery Learning Learning Model in Text Material for Observation Results Reports in Class X MAN 1 Banda Aceh. (Syiah Kuala University Thesis). Under the guidance of Subhayni, S.Pd., M.Pd., and Muhammad Idham, S.Pd., M.Ed. The purposes of this research is to describe the application of the discovery learning model to the Observation Report Text material in class X MAN 1 Banda Aceh. This research uses a qualitative approach and descriptive research type. This research was carried out on class X MAN 1 Banda Aceh students, the researcher used only one class, namely class X MIA 1, with 30 students. The data collection techniques used in this research are observation, interview and documentation techniques. The data analyzed from the results of this research observation include, (1) teaching modules, (2) learning processes and, (3) student learning outcomes. It was concluded that the application of the discovery learning model in the text of the observation report in class X MAN 1 Banda Aceh was as follows. The results of this research are (1) the preparation of teaching modules made by Indonesian language subject teachers is complete and correct. (2) the process of implementing learning in class implemented by the teacher is focused and in accordance with the teaching module. This can all be seen when teachers teach in the classroom, by following the teaching modules that have been prepared. The implementation is also very interesting for students, so it has an impact on the good grades obtained by students. (3) the learning outcomes obtained by students are very satisfactory. This is proven by the average student score obtained for KKM, namely 75. The average score obtained by class X-1 students is 90. Keywords: Discovery Learning, Learning, Observation Report Text.

Citation



    SERVICES DESK