PENGARUH MOTIVASI HEDONIK, FAKTOR SOSIAL DAN RESIKO TERHADAP PEMBAYARAN LANGSUNG UANG ELEKTRONIK PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH MOTIVASI HEDONIK, FAKTOR SOSIAL DAN RESIKO TERHADAP PEMBAYARAN LANGSUNG UANG ELEKTRONIK PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE


Pengarang

Dilla Fitria - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Abdul Rahman Lubis - 195410111980031004 - Dosen Pembimbing I
T. Meldi Kesuma - 197505152006041001 - Penguji
Iskandarsyah - 196511062000031001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

2001102010022

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen (S1) / PDDIKTI : 61201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ekonomi dan Bisnis (S1)., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi hedonik, faktor sosial dan resiko terhadap pembayaran langsung uang elektronik pada pengguna e-commerce Shopee. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah pengguna e-commerce Shopee di Kota Banda Aceh yang berjumlah 200 responden. Peralatan pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan jenis yang digunakan purposive sampling. Structural Equation Modelling (SEM) digunakan sebagai metode analisis untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel yang terlibat. Bedasarkan hasil analisis SEM menunjukkan bahwa motivasi hedonik berpengaruh terhadap kebiasaan pembayaran, faktor sosial berpengaruh terhadap kebiasaan pembayaran, resiko berpengaruh terhadap kebiasaan pembayaran, kebiasaan pembayaran berpengaruh terhadap niat perilaku terhadap uang elektronik, motivasi hedonik berpengaruh terhadap niat perilaku terhadap uang elektronik, faktor sosial berpengaruh terhadap niat perilaku terhadap uang elektronik, resiko tidak berpengaruh terhadap niat perilaku terhadap uang elektronik, kebiasaan pembayaran memediasi secara parsial pengaruh motivasi hedonik terhadap niat perilaku terhadap uang elektronik, kebiasaan pembayaran memediasi secara parsial pengaruh faktor sosial terhadap niat perilaku terhadap uang elektronik, kebiasaan pembayaran memediasi secara parsial pengaruh resiko terhadap niat perilaku terhadap uang elektronik.

Kata Kunci: Motivasi Hedonik, Pengaruh Sosial, Resiko, Kebiasaan Pembayaran, Niat Perilaku Terhadap Uang Elektronik

ABSTRACT Abstract: This research aims to determine the influence of hedonic motivation, social factors and risk on direct electronic money payments for Shopee e-commerce users. The sample used in this research was Shopee e-commerce users in Banda Aceh City, totaling 200 respondents. The data collection equipment used in this research is a questionnaire. The sampling technique used was non-probability sampling with the type used being purposive sampling. Structural Equation Modeling (SEM) is used as an analysis method to determine the influence of the variables involved. Based on the results of SEM analysis, it shows that hedonic motivation influences payment habits, social factors influence payment habits, risk influences payment habits, payment habits influence behavioral intentions towards electronic money, hedonic motivation influences behavioral intentions towards electronic money, social factors influence behavioral intentions towards electronic money, risk has no effect on behavioral intentions towards electronic money, payment habits partially mediate the influence of hedonic motivation on behavioral intentions towards electronic money, payment habits partially mediate the influence of social factors on behavioral intentions towards electronic money, payment habits partially mediate partial influence of risk on behavioral intentions towards electronic money. Keywords: Hedonic Motivation, Social Influence, Risk, Payment Habits, Behavioral Intentions Towards Electronic Money

Citation



    SERVICES DESK