Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH MEDIASI KEPUASAN PADA CITRA DESTINASI WISATA HALAL DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG WISATAWAN KE DESTINASI WISATA DI ACEH BESAR
Pengarang
SAIMA SALSABILA MARETHA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
T. Meldi Kesuma - 197505152006041001 - Dosen Pembimbing I
Ahmad Nizam - 196609201993031003 - Penguji
Syahriyal - 198001012021021101 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
2001104010109
Fakultas & Prodi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Islam (S1) / PDDIKTI : 60202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Ekonomi Islam., 2024
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh mediasi kepuasan pada citra
destinasi wisata halal dan electronic word of mouth terhadap minat berkunjung
ulang Wisatawan. Adapun objek pada penelitian ini adalah wisatawan nusantara
yang berkunjung ke Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif, menggunakan teknik non probability sampling dan metode purposive
sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang
digunakan penelitian ini yaitu path analysis dan uji sobel. Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh hasil bahwa citra destinasi wisata halal, electronic word of
mouth, dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung
ulang. Citra destinasi wisata halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan. Electronic word of mouth tidak berpengaruh terhadap kepuasan. Dan
hasil pengujian sobel menunjukkan bahwa kepuasan dapat memediasi pengaruh
citra destinasi wisata halal terhadap minat berkunjung ulang. Namun kepuasan tidak
dapat memediasi pengaruh electronic word of mouth terhadap minat berkunjung
ulang.
Kata Kunci: Citra destinasi, Wisata Halal, Electronic Word of Mouth, Kepuasan,
Minat Berkunjung Ulang
ABSTRACT This study aims to analyze the mediating effect of satisfaction with the image of halal tourism destinations and electronic word of mouth on tourist revisit interest. The object of this research is nusantara tourists visiting Aceh Besar. This study uses a quantitative approach, using non-probability sampling techniques and purposive sampling methods with a sample size of 100 respondents. The data analysis technique used in this research is path analysis and sobel test. Based on the results of the study, it was found that the image of halal tourist destinations, electronic word of mouth, and satisfaction had a positive and significant effect on repeat visit interest. The image of halal tourist destinations has a positive and significant effect on satisfaction. Electronic word of mouth has no effect on satisfaction. And the results of sobel testing show that satisfaction can mediate the effect of halal tourist destination image on repeat visit interest. However, satisfaction cannot mediate the effect of electronic word of mouth on repeat visit interest. Keywords: Destination image, Halal Tourism, Electronic Word of Mouth, Satisfaction, Intention To Revisit
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN AKSESSIBILITAS PARIWISATA HALAL TERHADAP MINAT KUNJUNG ULANG WISATAWAN DENGAN CITRA DESTINASI SEBAGAI VARIABEL MEDIASIRN(STUDI PADA WISATAWAN ACEH BESAR, BANDA ACEH DAN SABANG) (Rania istawal arsyi, 2023)
PENGARUH CITRA DESTINASI TERHADAP MINAT BERKUNJUNG PADA OBJEK WISATA HALAL MUSEUM TSUNAMI ACEH DENGAN KEAKRABAN DESTINASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (ANNIDHA FATHIN, 2024)
PENGARUH DAYA TARIK DAN CITRA DESTINASI TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG YANG DIMEDIASI OLEH KEPUASAN PENGUNJUNG PADA WISATA KOLAM BIRU REREBE KABUPATEN GAYO LUES (Maimunah, 2022)
LOYALITAS WISATAWAN TERHADAP KOTA BANDA ACEH SEBAGAI DESTINASI WISATA HALAL INDONESIA DENGAN KEPUASAN WISATAWAN SEBAGAI MEDIASI (Joni Setiawan, 2018)
PENGARUH ATRIBUT WISATA HALAL ATRIBUT DESTINASI DAN KUALITAS PELAYANAN WISATA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN MUSLIM DI KOTA BANDA ACEH (Thurhamun, 2017)