PENGARUH MEDIASI KEPUASAN PADA CITRA DESTINASI WISATA HALAL DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG WISATAWAN KE DESTINASI WISATA DI ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH MEDIASI KEPUASAN PADA CITRA DESTINASI WISATA HALAL DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG WISATAWAN KE DESTINASI WISATA DI ACEH BESAR


Pengarang

SAIMA SALSABILA MARETHA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

T. Meldi Kesuma - 197505152006041001 - Dosen Pembimbing I
Ahmad Nizam - 196609201993031003 - Penguji
Syahriyal - 198001012021021101 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

2001104010109

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Islam (S1) / PDDIKTI : 60202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ekonomi Islam., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh mediasi kepuasan pada citra
destinasi wisata halal dan electronic word of mouth terhadap minat berkunjung
ulang Wisatawan. Adapun objek pada penelitian ini adalah wisatawan nusantara
yang berkunjung ke Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif, menggunakan teknik non probability sampling dan metode purposive
sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang
digunakan penelitian ini yaitu path analysis dan uji sobel. Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh hasil bahwa citra destinasi wisata halal, electronic word of
mouth, dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung
ulang. Citra destinasi wisata halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan. Electronic word of mouth tidak berpengaruh terhadap kepuasan. Dan
hasil pengujian sobel menunjukkan bahwa kepuasan dapat memediasi pengaruh
citra destinasi wisata halal terhadap minat berkunjung ulang. Namun kepuasan tidak
dapat memediasi pengaruh electronic word of mouth terhadap minat berkunjung
ulang.

Kata Kunci: Citra destinasi, Wisata Halal, Electronic Word of Mouth, Kepuasan,
Minat Berkunjung Ulang

ABSTRACT This study aims to analyze the mediating effect of satisfaction with the image of halal tourism destinations and electronic word of mouth on tourist revisit interest. The object of this research is nusantara tourists visiting Aceh Besar. This study uses a quantitative approach, using non-probability sampling techniques and purposive sampling methods with a sample size of 100 respondents. The data analysis technique used in this research is path analysis and sobel test. Based on the results of the study, it was found that the image of halal tourist destinations, electronic word of mouth, and satisfaction had a positive and significant effect on repeat visit interest. The image of halal tourist destinations has a positive and significant effect on satisfaction. Electronic word of mouth has no effect on satisfaction. And the results of sobel testing show that satisfaction can mediate the effect of halal tourist destination image on repeat visit interest. However, satisfaction cannot mediate the effect of electronic word of mouth on repeat visit interest. Keywords: Destination image, Halal Tourism, Electronic Word of Mouth, Satisfaction, Intention To Revisit

Citation



    SERVICES DESK