Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA
Pengarang
Cut Nurul Fitri - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Saminan - 196204231989031002 - Dosen Pembimbing I
Rini Safitri - 197004251995122001 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
2109200170007
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Pendidikan IPA (S2) / PDDIKTI : 84101
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Pasca Sarjana IPA., 2024
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Model inkuiri merupakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan proses belajar siswa, yang mana bertujuan mengembangkan keterampilan berpikir secara kritis dan kreatif sekaligus melatih keterampilan berkolaborasi secara terbuka bagi siswa. Etnosains merupakan pengetahuan yang dimiliki oleh suatu bangsa atau suatu suku bangsa atau kelompok sosial tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi siswa dengan menerapkan model inkuiri berbasis etnosains pada materi besaran dan satuan di SMA Negeri 1 Mutiara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen non-equivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini siswa kelas X IPA dengan sampel 71 siswa yang diambil secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan angket. Data penelitian ini dianalisis menggunakan uji rata-rata, N-gain dan uji independen sample t-test. Hasil rata-rata post-tes siswa pada kelas eksperimen sebesar 77% sedangkan kontrol diperoleh sebesar 67%. Rata-rata N-gain persen pada kelas eksperimen yaitu 65% sedangkan pada kelas kontrol 51%. Hasil observasi keterampilan kolaborasi kelas eksperimen mendapat nilai rerata 509 point sedangkan kelas kontrol mendapat 440 poin. Hasil uji korelasi pearson berbantuan SPSS dengan niai 0,938 diintrepretasikan berkorelasi sangat tinggi. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji korelasi. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan signifikan antara keterampilan berpikir kritis dengan keterampilan kolaborasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri berbasis etnosains dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi siswa.
Kata kunci: Inkuiri, Etnosains, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Keterampilan
Kolaborasi
ABSTRACT The inquiry model is a learning model that can activate the student learning process, which aims to develop critical and creative thinking skills while training open collaboration skills for students. Ethnoscience is knowledge possessed by a nation or a particular ethnic group or social group. The purpose of this study was to analyze students' critical thinking skills and collaboration skills by applying an ethnoscience-based inquiry model to the material of quantities and units at SMA Negeri 1 Mutiara. This study uses a quantitative approach with a non-equivalent control group design experiment. The population used in this study were students of class X IPA with a sample of 71 students taken by purposive sampling. The instruments used in this study were multiple choice test questions and questionnaires. The research data were analyzed using the average test, N-gain and independent sample t-test. The average post-test results of students in the experimental class were 77% while the control was 67%. The average N-gain percentage in the experimental class was 65% while in the control class it was 51%. The results of the observation of the experimental class's collaboration skills got an average score of 509 points while the control class got 440 points. The results of the Pearson correlation test assisted by SPSS with a value of 0.938 were interpreted as having a very high correlation. Data analysis used normality, homogeneity, and correlation tests. The results of the correlation test showed a significant relationship between critical thinking skills and collaboration skills. Based on the results of the study, it can be concluded that the application of an ethnoscience-based inquiry model can improve students' critical thinking skills and collaboration skills. Keywords: Inquiry, Ethnoscience, Critical Thinking Skills, and Collaboration Skills
KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SMP PADA MATERI PERSAMAAN GARIS MELALUI PROJECT-BASED LEARNING (Sela Nur Shadiqah, 2022)
PENGARUH MODEL INKUIRI BERBASIS OUTDOOR STUDY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 24 BANDA ACEH (Nanda Salwana, 2024)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOORDINASI DI SMAN SIGLI (AUDIA ANDA RINI, 2021)
EFEKTIVITAS PROBLEM BASE LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA (HATFINA MAKRAMI, 2023)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE CRITICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA SMA NEGERI 1 SAWANG (RIVA HUSNIL HARTINAH, 2024)