HAMBATAN GURU DALAM PENGIMPLEMENTASIAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HAMBATAN GURU DALAM PENGIMPLEMENTASIAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH


Pengarang

Hayyatun - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Musfiana - 196203131987032002 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

2006101030007

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : FKIP Ekonomi., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Hayyatun. (2024). Hambatan Guru Dalam Pengimplementasian Kurikulum Merdeka Belajar Di SMA Negeri 3 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dra.Musfiana, M.M.. dan Dra. Ruaida,. M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengimplementasian kurikulum merdeka belajar, hambatan yang dihadapi guru dan upaya untuk mengatasi hambatan guru dalam pengimplementasian kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah 5 guru di SMA Negeri 3 Banda Aceh dengan objek penelitian hambatan guru dalam pengimplementasian kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri 3 Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentsi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pengimplementasian kurikulum merdeka belajar sudah terlaksana dengan acuan pada modul ajar hanya saja masih terdapat beberapa komponen yang hanya tertulis pada modul tapi tidak terlaksana pada saat pembelajaran. Hambatan yang dihadapi guru dalam pengimplementasian kurikulum merdeka belajar yakni, kesulitan saat menyusun perencanaan pembelajaran, kesulitan menentukan model pembelajaran yang tepat, kesulitan mengimplementasikan pembelajaran diferensiasi, sarana dan prasarana belum memadai, kurang pemahaman terkait asesmen awal pada modul ajar dan kebingungan terkait pemahaman bermakna dan pertanyaan pematik pada modul ajar. Upaya guru untuk mengatasi hal tersebut yakni, membuka kembali platform merdeka belajar yang disediakan kemendikbud, guru mengikuti program MGMP, mengikuti workshop, dan upaya terakhir yaitu belajar mandiri melalui Youtobe.

Kata kunci: Hambatan Guru, Implementasi Kurikulum Merdeka

Hayyatun. (2024). Barriers to Teachers in Implementing the Independent Learning Curriculum at SMA Negeri 3 Banda Aceh. [ Thesis. Syiah Kuala University]. Under the guidance of Dra.Musfiana, M.M., and Dra. Ruaida,. M.Si. This research aims to determine the implementation of the independent learning curriculum, the obstacles faced by teachers and efforts to overcome teacher obstacles in implementing the independent learning curriculum at SMA Negeri 3 Banda Aceh. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. The subjects of this research were 5 teachers at SMA Negeri 3 Banda Aceh with the object of research being teachers' obstacles in implementing the independent learning curriculum at SMA Negeri 3 Banda Aceh. Data collection was carried out by conducting observations, interviews and documentation. The results of this research state that the implementation of the independent learning curriculum has been implemented, however there are still several components that are only written in the teaching module but are not implemented during learning. The obstacles faced by teachers in implementing the independent learning curriculum are, difficulties when preparing learning plans, difficulties determining the right learning model, difficulties implementing differentiated learning, inadequate facilities and infrastructure, lack of understanding regarding initial assessments in teaching modules and confusion regarding meaningful understanding and questions. Lighter on the teaching module. Teachers' efforts to overcome this include reopening the independent learning platform provided by the Ministry of Education and Culture, teachers participating in the MGMP program, attending workshops and the final effort, namely teachers learning independently via YouTube. Key words: Independent curriculum, obstacles, efforts.

Citation



    SERVICES DESK