PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN CENDERA MATA DI BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN CENDERA MATA DI BANDA ACEH


Pengarang

Zulkifli - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0311220241

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Manajemen (S1) / PDDIKTI : 61201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ekonomi., 2008

Bahasa

Indonesia

No Classification

381

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Bauran pemasaran (marketing mix) memiliki peranan yang sangat penting dalam
pemasaran suatu produk. Bauran pemasaran merupakan rangsangan pemasaran yang
dapat membantu terciptanya keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan
untuk mcngetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam
membeli produk cendera mata di Banda Aceh.
Responden penelitian 148 orang konsumen yang diambil secara convinience
sampling dari 10 toko souvenir yang ada di Kota Banda Aceh. Pengumpulan data
dengan menggunakan kuesioner. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan
peralntnn statistik regresi linier berganda.
Penelitian ini menemukan bahwa bauran pemasaran yang terdiri dari produk,
harga, distribusi dan promosi berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen
membeli produk cendera mata. Diantara empat bauran pemasaran tersebut, distribusi
memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian. Kemudian diikuti
oleh variabel harga pada urutan kedua. Hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa
secara simultan keempat variabel bauran pemasaran yang dijadikan variabel independen
penelitian (produk, harga, distribusi dan promosi) berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian. Sedangkan secara parsial, hanya variabel distribusi dan harga
yang berpengaruh signifikan. Sebaliknya variabel produk dan promosi secara parsial
tidak berpengaruh signifikan.
Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah tinggi rendahnya
intensitas keputusan konsumen membeli produk cendera mata di Kota Banda Aceh
dipengaruhi oleh bauran pemasaran, terutama variabel distribusi dan harga. Karena itu,
sebaiknya pengelola toko souvenir di Banda Aceh menentukan tingkatan harga optimal
bagi produk yang dijualnya.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK