Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH
Pengarang
Rina Wahyuni - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Yuhasriati - 196612311991022001 - Dosen Pembimbing I
Dwi Fadhiliani - 199404122022032010 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
2006103020084
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Penerbit
Banda Aceh : FKIP Matematika., 2024
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.302 81
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Rina Wahyuni. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Problem Based Learning di Kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Di bawah bimbingan Dra. Yuhasriati, M.Pd. dan Dr. Dwi Fadhiliani, S.Pd., M.Mat.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang masih rendah. Salah satu strategi yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengatasi hal tersebut adalah pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model PBL di Kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh. Desain dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan tipe one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sehingga diperoleh 1 kelas dengan jumlah siswa 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang terdiri dari pretest dan posttest. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t pihak kanan sehingga diperoleh terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model PBL di Kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh. Jika ditinjau dari uji N-Gain Score diperoleh peningkatannya dalam kategori sedang.
Kata kunci: Pemecahan Masalah Matematis, Problem Based Learning.
Rina Wahyuni. (2024). Students' Mathematical Problem Solving Ability through Problem Based Learning Model in Class VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Under direction of Dra. Yuhasriati, M.Pd. and Dr. Dwi Fadhiliani, S.Pd., M.Mat. This study was based on the low mathematical problem solving ability of students. One strategy that can be done by teachers to overcome this is learning using the Problem Based Learning (PBL) model which can improve mathematical problem solving skills. The purpose of this study was to determine the improvement of students' mathematical problem solving skills through the PBL model in Class VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh. The design in this study was pre-experimental design with one group pretest-posttest design. The population of this study were all students of Class VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh. The sampling technique used simple random sampling so as to obtain 1 class with 25 students. The data collection technique used in this study was a mathematical problem solving ability test consisting of pretest and posttest. The research hypothesis test used the right tailed t-test so that it was obtained that there was an increase in students' mathematical problem solving ability through the PBL model in Class VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh. When viewed from the N-Gain score test, it was found that the increase was in the medium category. Keywords: Mathematical Problem Solving, Problem Based Learning.
METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Cut Masturi, 2018)
THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)
TEACHING SPEAKING SKILL BY USING CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (Khairun Nisa, 2021)
A DESCRIPTIVE STUDY ON TEACHING READING COMPREHENSION AT SMPN 16 BANDA ACEH (Maulizan ZA, 2014)