PEMBUATAN FILM PENDEK TENTANG BANTA BARENSYAH BERBASIS 3D MENGGUNAKAN SOFTWARE BLENDER 3.6.4 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    LAPORAN KERJA PRAKTEK

PEMBUATAN FILM PENDEK TENTANG BANTA BARENSYAH BERBASIS 3D MENGGUNAKAN SOFTWARE BLENDER 3.6.4


Pengarang

Mulkin Atkia - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Muslim - 197311181999031001 - Dosen Pembimbing I
Rasudin - 197410011999031001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2108001010049

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Manajemen Informatika (D3) / PDDIKTI : 57401

Subject
Penerbit

Banda Aceh : MIPA Manajemen Informatika (D3)., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

791.433 4

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Proyek ini bertujuan menghidupkan cerita rakyat "Banta Barensyah" dari Nanggroe
Aceh Darussalam melalui film pendek animasi 3D dengan software Blender 3.6.4,
menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Proses
pembuatan mencakup storyboard, modeling, texturing, rigging, animasi, rendering,
dan editing akhir. Film berdurasi 7 menit 36 detik ini, dengan resolusi 1920 x 1080
pixel, format mp4, dan kecepatan 24 fps, diharapkan dapat melestarikan nilai-nilai
budaya dan moral Indonesia, menarik minat generasi muda, dan menginspirasi kreator
lokal. Teknologi animasi 3D terbukti efektif dalam menyampaikan pesan budaya
secara edukatif dan menarik.
Kata kunci : Animasi 3D, cerita rakyat, Banta Barensyah, blender 3.6.4, budaya
Indonesia.

This project aims to revive the folk tale "Banta Barensyah" from Nanggroe Aceh Darussalam through a short 3D animation film using Blender 3.6.4 and the MDLC (Multimedia Development Life Cycle) methodology. The production process includes storyboard creation, modeling, texturing, rigging, animation, rendering, and final editing. The film, with a duration of 7 minutes and 36 seconds, a resolution of 1920 x 1080 pixels, an mp4 format, and a frame rate of 24 fps, is intended to preserve Indonesian cultural and moral values, engage the younger generation, and inspire local creators. The effectiveness of 3D animation technology in conveying cultural messages in an educational and engaging manner is demonstrated. Keywords: 3D Animation, folktale, Banta Barensyah, blender 3.6.4, Indonesian culture.

Citation



    SERVICES DESK