Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RPOBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 3 BANDA ACEH
Pengarang
Siti Kamalia - Personal Name;
Dosen Pembimbing
A. Razak - 197112202002121001 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
2006101030017
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Ekonomi., 2024
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Siti Kamalia. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 3 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan A. Razak, S.Pd, M.S.M. dan Asmaul Husna, S.Pd, M.Pd.
Berpikir kritis adalah sebuah proses intelektual dengan melakukan pembuatan konsep, penerapan, melakukan sintesis atau mengevaluasi informasi yang diperoleh dari observasi, pengalaman, refleksi, pemikiran atau komunikasi sebagai dasar untuk meyakini dan melakukan sesuatu tindakan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis adalah model pembelajaran. Problem based learning adalah model pembelajaran yang menggunakan masalah nyata (autentik) yang tidak terstruktur dan bersifat terbuka sebagai konteks bagi peserta didik untuk mengembangkan keterampilan menyelesaikan masalah dan berpikir kritis serta sekaligus membangun pengetahuan baru. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran problem based learning di SMP Negeri 3 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dengan design One-Group Pretest-Posttest. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Banda Aceh kelas VII tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 248 siswa. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII-8 yang berjumlah 34 siswa, adapun pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda dua rata-rata (uji-t). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, hal ini dapat dilihat dari nilai t_hitung sebesar 8.490 dan nilai sig. yang diperoleh sebesar 0.000 atau 0.000< 0.05 maka dengan demikian Ho di tolak dan Ha diterima. Pengaruh model pembelajaran tersebut dapat dilihat dari perbedaan rata-rata nilai tes kemampuan berpikir kritis siswa, rata-rata nilai pretest adalah 42,23 sedangkan rata-rata nilai posttest adalah 79,71, persentase nilai posttest yang lebih tinggi menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil angket respon siswa yaitu sebesar 90% yang artinya hasil tersebut termasuk kedalam kategori sangat baik.
Kata Kunci: Model Pembelajaran , Problem Based Learning, Kemampuan
Berpikir Kritis
Siti Kamalia. (2024). The Influence of the Problem Based Learning Model on the Critical Thinking Ability of Banda Aceh State Middle School 3 Students. [Thesis. Syiah Kuala University]. Under the guidance of A. Razak, S.Pd, M.S.M. and Asmaul Husna, S.Pd, M.Pd. Critical thinking is an intellectual process of creating concepts, applying, synthesizing or evaluating information obtained from observation, experience, reflection, thinking or communication as a basis for believing and taking action. One of the factors that influences critical thinking skills is the learning model. Problem based learning is a learning model that uses real (authentic) problems that are unstructured and open as a context for students to develop problem solving and critical thinking skills and at the same time build new knowledge. The aim of the research is to determine the effect of the problem based learning model on students' critical thinking abilities and to determine students' responses to the problem based learning model at SMP Negeri 3 Banda Aceh. The approach used is a quantitative approach and the type of research is Pre-Experimental with a One-Group Pretest-Posttest design. The population of this research was students of SMP Negeri 3 Banda Aceh class VII for the 2024/2025 academic year, totaling 248 students. The sample for this research was 34 students in class VII-8, while the sample selection used a purposive sampling technique. Data collection was carried out using tests and questionnaires. The data analysis technique used is the difference between two means test (t-test). The research results show that there is an influence of the problem based learning model on students' critical thinking abilities, this can be seen from the t_count value of 8.490 and the sig. The result obtained is 0.000 or 0.000
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PADA SISWA MAN 3 BANDA ACEH (Anggi Safitri, 2024)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RPOBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (Siti Kamalia, 2024)
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRTIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN FISIKA DIKELAS X SMA NEGERI 2 BUKIT (Halmaida, 2020)
PENERAPAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (RIZKA ULFIA, 2016)
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VI SDN 51 BANDA ACEH. (Dewi Sahfitri,S, 2023)