MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK UNTUK MENGENAL BILANGAN MELALUI PERMAINAN CONGKLAK DI TK NEGERI AL-ABRAR PIDIE JAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK UNTUK MENGENAL BILANGAN MELALUI PERMAINAN CONGKLAK DI TK NEGERI AL-ABRAR PIDIE JAYA


Pengarang

CUT PUTRI SAFIRA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Israwati - 195908261987032002 - Dosen Pembimbing I
Yuhasriati - 196612311991022001 - Dosen Pembimbing II
Siti Naila Fauzia - 198910302019032012 - Penguji
Suhartati - 197410211999032001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1706104210050

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / PG PAUD (S1) / PDDIKTI : 86207

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP PG PAUD (S1)., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Cut Putri Safira (2023). Meningkatkan Kemampuan Anak untuk Mengenal Bilangan melalui Permainan Congklak di TK Negeri Al-Abrar Pidie Jaya. [Skripsi., Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Israwati, M.Si, dan Dra. Yuhasriati, M.Pd


Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Kemampuan Anak untuk Mengenal Bilangan melalui Permainan Congklak di TK Negeri Al-Abrar Pidie Jaya” ini mengangkat masalah bagaimana meningkatkan kemampuan anak untuk mengenal bilangan melalui permainan congklak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan anak mengenal bilangan melalui permainan congklak di TK Negeri Al-Abrar Pidie Jaya. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian 8 orang anak. Lokasi penelitian yang digunakan oleh peneliti berada di Gampong Deah Teumanah, Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini di peroleh melalui observasi dan unjuk kerja. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I pertemuan pertama dalam upaya meningkatkan kemampuan anak untuk mengenal bilangan melalui permainan congklak belum berkembang (BB) sebanyak 5 orang anak, mulai berkembang (MB) sebanyak 2 orang anak, berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 1 orang anak dan berkembang sangat baik (BSB) berjumlah 0 atau belum terlihat. Siklus I pertemuan kedua terjadinya peningkatan dimana belum berkembang (BB) berjumlah 0, mulai berkembang (MB) sebanyak 1 orang anak, berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 3 orang anak, berkembang sangat baik (BSB) sebanyak 4 orang anak. Selanjutnya pengamatan yang dilakukan pada siklus II juga terlihat mengalami peningkatan hal ini jelas terlihat dimana anak mulai berkembang (MB) sebanyak 0 orang anak, berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 2 orang dan berkembang sangat baik (BSB) bertambah menjadi 6 orang anak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dinyatakan bahwa melalui permainan congklak dapat meningkatkan kemampuan anak untuk mengenal bilangan di TK Negeri Al-Abrar tercapai dan terlaksana dengan baik. Dengan demikian dapat di simpulkan kemampuan anak untuk mengenal bilangan melalui permainan congklak di TK Negeri Al-Abrar terlihat bahwa anak bisa menyebutkan lambang bilangan 1-10, menghitung menggunakan lambang bilangan dan mencocokkan lambang bilangan dengan bilangan.


Kata Kunci: Kemampuan Anak, Mengenal Bilangan, Permainan Congklak

ABSTRACT Cut Putri Safira (2023). Improving of Children’s Ability to Recognize Numbers Through Congklak Games at Al-Abrar Kinderganten of Pidie Jaya. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Under direction of Dr. Israwati, M.Si., and Dra. Yuhasriati, M.Pd. This study entitled "Improving Children's Ability to Recognize Numbers through Congklak Games at TK Al-Abrar Pidie Jaya" raises the problem of how to improve children's ability to recognize numbers through congklak games. This study aims to determine the improvement of children's ability to recognize numbers through congklak games at TK Al-Abrar Pidie Jaya. This study is a type of Classroom Action Research with 8 children as research subjects. The research location used by the researcher is in Gampong Deah Teumanah, Trienggadeng District, Pidie Jaya Regency. Data collection techniques in this study were obtained through observation and performance. The results of this study indicate that in cycle I the first meeting in an effort to improve children's ability to recognize numbers through congklak games has not developed (BB) as many as 5 children, starting to develop (MB) as many as 2 children, developing according to expectations (BSH) as many as 1 child and developing very well (BSB) amounting to 0 or not yet visible. Cycle I second meeting there was an increase where not yet developed (BB) amounted to 0, starting to develop (MB) as many as 1 child, developing according to expectations (BSH) as many as 3 children, developing very well (BSB) as many as 4 children. Furthermore, observations made in cycle II also showed an increase, this is clearly seen where children starting to develop (MB) as many as 0 children, developing according to expectations (BSH) as many as 2 children and developing very well (BSB) increased to 6 children. Based on the results of the study, it can be stated that through the congklak game, children's ability to recognize numbers in TK Al-Abrar State can be achieved and implemented well. Thus, it can be concluded that children's ability to recognize numbers through the congklak game in TK Al-Abrar State can be seen that children can mention number symbols 1-10, count using number symbols and match number symbols with numbers. Keywords: Children's Ability, Recognizing Numbers, Congklak Game

Citation



    SERVICES DESK