PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS TPACK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI DI KELAS IV SD NEGERI 3 KOTA SABANG | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS TPACK TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI DI KELAS IV SD NEGERI 3 KOTA SABANG


Pengarang

MASYITHAH SYAHFITRI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Suci Fitriani - 198701052019032008 - Dosen Pembimbing I
Linda Vitoria - 198105062010122001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2006104040132

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP / Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Masyithah Syahfitri. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis TPACK Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Mengubah Bentuk Energi Di Kelas IV SD Negeri 3 Kota Sabang. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Suci Fitriani, S.Pd., M.Pd. dan Linda Vitoria, S.Si., M.Sc.

Pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dalam materi mengubah bentuk energi masih banyak peserta didik yang belum mampu memahami materi tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis TPACK Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Mengubah Bentuk Energi Di Kelas IV SD Negeri 3 Kota Sabang. Model Project Based Learning berbasis TPACK dikombinasikan dengan memanfaatkan teknologi dalam menyampaikan dan menyelesaikan proyek agar peserta didik mampu memahami materi. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah teknik tes. Aspek yang digunakan dalam analisis data yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data dengan uji-t menunjukan bahwa model Project Based Learning berbasis TPACK memiliki pengaruh signifikansi terhadap hasil belajar pada materi mengubah bentuk energi di kelas IV SD Negeri 3 Kota Sabang.

Kata kunci : Project Based Learning, TPACK, Hasil Belajar, Materi Mengubah Bentuk Energi.



Masyithah Syahfitri. (2024). The Influence of the TPACK-based Project Based Learning Model on Learning Outcomes in the Material of Changing Energy Forms in Class IV of SD Negeri 3 Sabang City. [Skripsi, universitas Syiah Kuala]. Under direction of Suci Fitriani, S.Pd., M.Pd. and Linda Vitoria, S.Si., M.Sc. In Natural and Social Sciences (IPAS) subjects, there are still many students who are unable to understand the material in changing forms of energy. This research was conducted to determine the influence of the TPACK-based Project Based Learning Model on Learning Outcomes in the Material of Changing Energy Forms in Class IV of SD Negeri 3 Sabang City. The TPACK-based Project Based Learning model is combined with utilizing technology in delivering and completing projects so that students are able to understand the material. The approach used is quantitative with an experimental type. The data collection technique used is a test technique. The aspects used in data analysis are normality test, homogeneity test and hypothesis test. The results of data analysis using the t-test show that the TPACK-based Project Based Learning model has a significant influence on learning outcomes in the material changing forms of energy in class IV of SD Negeri 3 Sabang City. Keywords: Project Based Learning, TPACK, Learning Outcomes, Material Changing Energy Forms.

Citation



    SERVICES DESK