Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENOLAKAN KLAIM GARANSI PRODUK ELEKTRONIK YANG RUSAK OLEH SELLER DI APLIKASI SHOPEE
Pengarang
ika yustia - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Susiana - 198101282006042002 - Dosen Pembimbing I
Nellyana Roesa - 198206262006042003 - Penguji
Teuku Saiful - 197401042000031001 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
2003101010290
Fakultas & Prodi
Fakultas Hukum / Ilmu Hukum (S1) / PDDIKTI : 74201
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Hukum., 2024
Bahasa
Indonesia
No Classification
343.071
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Pasal 7 huruf e Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UU Perlindungan Konsumen) menentukan bahwa pelaku usaha wajib untuk memberi jaminan dan/atau garansi atas barang yang dibuat dan/atau yang diperdagangkan. Namun dalam prakteknya ditemukan jual beli produk elektronik di Aplikasi Shopee, dimana seller tidak memberikan klaim garansi kepada konsumen.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan kerugian yang dialami oleh konsumen akibat penolakan klaim garansi produk elektronik oleh seller di Aplikasi Shopee, upaya yang dilakukan oleh konsumen yang dirugikan akibat penolakan klaim garansi produk elektronik oleh seller, serta tanggung jawab dari seller dan Shopee atas kerugian yang dialami konsumen.
Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian yuridis empiris, yaitu penelitian yang dilakukan dengan meneliti data sekunder yang dilanjutkan dengan data primer di lapangan. Data primer dalam penelitian ini didapatkan melalui wawancara secara online melalui via WhatsApp. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan data sekunder yang diperoleh dari peraturan yang terkait, buku, jurnal dan penelitian terkait topik penelitian. Analisis yang digunakan pada penelitian adalah analisis kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, kerugian yang dialami konsumen akibat penolakan klaim garansi adalah kerugian materil, seperti barang yang diterima tidak berfungsi, konsumen tidak mendapatkan pengembalian dana dan penolakan pengajuan klaim oleh seller, serta kerugian immateril yang dialami oleh konsumen berupa rasa kecewa terhadap tindakan seller dalam proses pengajuan klaim. Upaya yang dilakukan oleh konsumen yang dirugikan akibat penolakan klaim garansi produk elektronik oleh seller, yaitu upaya preventif melalui UU Perlindungan Konsumen, serta upaya represif melalui jalur litigasi dan non litigasi. Tanggung jawab dari seller dan Shopee kepada konsumen atas kerugian yang dialaminya, berupa gugatan ganti kerugian oleh konsumen kepada seller dan Shopee.
Konsumen yang mengalami kerugian akibat penolakan klaim garansi produk elektronik disarankan untuk melakukan gugatan ganti kerugian kepada seller dan Shopee. Lembaga Perlindungan Konsumen dapat turut serta melindungi hak dan kewajiban konsumen atas penolakan tersebut. Seller dan Shopee disarankan untuk membayar klaim garansi atas kerusakan barang sesuai dengan perjanjian
Article 7 letter e of Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection (Consumer Protection Law) stipulates that business actors are required to provide warranties and/or guarantees for goods produced and/or traded. However, in practice, there are cases of electronic product transactions on the Shopee Application, where the seller does not provide warranty claims to consumers. The purpose of this study is to explain the losses experienced by consumers due to the rejection of electronic product warranty claims by sellers on the Shopee Application, the efforts made by consumers who are harmed by the rejection of warranty claims, as well as the responsibility of the seller and Shopee for the losses suffered by consumers. The research method used is empirical juridical research, which is research conducted by examining secondary data followed by primary data in the field. Primary data in this research were obtained through online interviews via WhatsApp. In addition, this study also uses secondary data obtained from related regulations, books, journals, and research relevant to the research topic. The analysis used in the research is qualitative analysis. Based on the research results, the losses experienced by consumers due to the rejection of warranty claims are material losses, such as the goods received not functioning, consumers not receiving refunds, and the rejection of claims by the seller. Additionally, there are immaterial losses, such as consumer disappointment with the seller's actions during the claims process. The efforts made by consumers harmed by the rejection of electronic product warranty claims include preventive measures through the Consumer Protection Law and repressive measures through litigation and non-litigation channels. The responsibility of the seller and Shopee to the consumer for the losses includes compensation claims filed by consumers against the seller and Shopee. Consumers who suffer losses due to the rejection of electronic product warranty claims are advised to file compensation claims against the seller and Shopee. The Consumer Protection Agency can participate in protecting the rights and obligations of consumers regarding such rejections. Sellers and Shopee are advised to honor warranty claims for defective goods in accordance with the agreement.
PENGARUH KUALITAS APLIKASI DAN FITUR LIVE SHOPPING TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN KOMPULSIF ONLINE YANG DIMEDIASI OLEH PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF ONLINE (Fitri Khairil Yati, 2024)
WANPRESTASI KONSUMEN DALAM PERJANJIAN JUAL-BELI MELALUI MARKETPLACE SHOPEE DI KOTA BANDA ACEH (MUHAMMAD FATHUR RAHIM, 2023)
PENGARUH USEFULNESS, EASE OF USE, PERCEIVED RISK TERHADAP INTENTION TO BUY ONLINE SHOPPING MELALUI CONSUMER ATTITUDE PADA SITUS LAZADA (AZKA NADYAFIKARAUZA, 2018)
PERLINDUNGAN KONSUMEN PENGGUNA APLIKASI SHOPEE YANG MENERIMA PRODUK BERBEDA DENGAN YANG DIDESKRIPSIKAN (Musanna Maulidiana, 2023)
KEPERCAYAAN KONSUMEN, TINGKAT ADOPSI INOVASI DAN PENERIMAAN TEKNOLOGI SEBAGAI VARIABEL YANG MEMPENGARUHI PERILAKU BELANJA ONLINE DI KOTA BANDA ACEH (T. Kamal El Ridha, 2018)