PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL DESAIN RAGAM HIAS ACEH MENGGUNAKAN APLIKASI IBIS PAINT X | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL DESAIN RAGAM HIAS ACEH MENGGUNAKAN APLIKASI IBIS PAINT X


Pengarang

Annisa Dian Shafira - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Novita - 198011092006042001 - Dosen Pembimbing I
Nurbaiti - 197607082018012101 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2006104010063

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1) / PDDIKTI : 83206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Perkembangan teknologi digital yang pesat telah mengubah cara belajar dan mengakses informasi, khususnya dalam pendidikan di era Revolusi Industri 4.0. Teknologi memberikan peluang baru dalam dunia pendidikan, mendorong penerapan inovasi yang dapat meningkatkan efisiensi pembelajaran. Salah satu yang memanfaatkan teknologi ini adalah bidang desain, termasuk desain ragam hias Aceh dalam mata kuliah Desain Busana Khusus. Selama ini, mahasiswa masih menggunakan metode desain manual yang memakan waktu lama dan sering kali menghadapi kesulitan dalam menghasilkan desain yang rumit seperti ragam hias Aceh, yang kaya akan detail dan lekukan. Kesulitan ini dikomplekskan oleh keterbatasan keterampilan mahasiswa dalam menggunakan aplikasi desain digital. Untuk mengatasi kendala tersebut, diperlukan media pembelajaran yang lebih efisien dan mudah diakses. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video tutorial yang membantu mahasiswa dalam proses pembuatan desain ragam hias Aceh secara digital menggunakan aplikasi Ibis Paint X. Aplikasi ini dipilih karena mudah digunakan, terutama bagi pemula, serta memiliki berbagai fitur yang mendukung proses desain digital dengan lebih efisien. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini sangat valid, dengan penilaian dari ahli materi sebesar 85% dan ahli media sebesar 98%. Kepraktisan media juga dinilai berdasarkan respon mahasiswa yang memperoleh rata-rata 91,6%, yang menunjukkan bahwa media ini sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. Efektivitas media ini juga terlihat dari peningkatan hasil belajar mahasiswa, yang mencapai nilai rata-rata 88,91 dengan ketuntasan klasikal sebesar 96,5%. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video tutorial desain ragam hias Aceh menggunakan aplikasi Ibis Paint X sangat terpercaya, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan media pembelajaran lainnya serta mendorong penelitian lebih lanjut di bidang ini.

The rapid development of digital technology has transformed the way people learn and access information, particularly in education during the Industrial Revolution 4.0 era. Technology offers new opportunities in education, encouraging the implementation of innovations that can improve learning efficiency. One field that takes advantage of this technology is design, including Acehnese decorative design in the Special Fashion Design course. So far, students have been using manual design methods that are time-consuming and often face difficulties in producing complex designs such as Acehnese decorations, which are rich in detail and curves. These difficulties are complicated by the students' limited skills in using digital design applications. To overcome these obstacles, more efficient and accessible learning media is needed. This study aims to develop video tutorial-based learning media that assist students in the process of creating Acehnese decorative designs digitally using the Ibis Paint X application. This application was chosen because it is easy to use, especially for beginners, and has various features that support a more efficient digital design process. The research method used is R&D with the ADDIE development model, which consists of five stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The results of the study indicate that this learning media is highly valid, with evaluations from subject matter experts scoring 85% and media experts scoring 98%. The practicality of the media was also assessed based on student responses, which averaged 91.6%, indicating that this media is highly practical for use in learning. The effectiveness of this media is also reflected in the improvement of student learning outcomes, with an average score of 88.91 and a classical completeness rate of 96.5%. Based on these findings, it can be concluded that the video tutorial-based learning media for Acehnese decorative design using the Ibis Paint X application is highly reliable, practical, and effective in improving student learning outcomes. This research is expected to serve as a reference for the development of other learning media and encourage further research in this field.

Citation



    SERVICES DESK