PENGARUH SELF-AFFIRMATION TERHADAP KECEMASAN AKADEMIK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH SELF-AFFIRMATION TERHADAP KECEMASAN AKADEMIK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA


Pengarang

Safa salsabila - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Syaiful Bahri - 196012191986031001 - Dosen Pembimbing I
Jamilah Aini Nasution - 199107032019032024 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1906104030084

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kecemasan akademik dapat mempengaruhi kesehatan mental dan kesejahteraan mahasiswa yang menyebabkan penurunan motivasi belajar. dengan memahami bagaimana self-affirmation dapat mengurangi kecemasan, dapat membantu mahasiswa untuk mengatasi kecemasan dan meningkatkan kinerja akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran self-affirmation, mengetahui gambaran kecemasan akademik serta mengetahui pengaruh self-affirmation terhadap kecemasan akademik pada mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost-facto. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa Universitas Syiah Kuala, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah cluster sampling sehingga terdapat dua fakultas yang memenuhi kriteria sampling dengan besar responden 368. Data diperoleh mengunakan skala self- affirmation dengan reliabilitas 0,897 dari 20 item dan skala kecemasan akademik dengan reliabilitas 0,90 dari 35 item. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi dan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa nilai rata-rata tingkat self-affirmation pada mahasiswa berada pada kategori sedang dengan nilai 49 dan nilai rata-rata tingkat kecemasan akademik berada pada kategori sedang dengan nilai 87. Hasil penelitian ini berdasarkan analisis linier regresi sederhana memiliki F = 8,960 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,003 < 0,005, maka terdapat pengaruh antara variabel self-affirmation (X) terhadap variabel kecemasan akademik (Y). Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi gambaran kepada mahasiswa dan pendidik untuk mencegah kecemasan akademik.

Kata kunci: Self-Affirmation, kecemasan Akademik, Mahasiswa.

Academic anxiety can affect students' mental health and well-being, causing a decrease in learning motivation. By understanding how self-affirmation can reduce anxiety, it can help students to overcome anxiety and improve academic performance. This research aims to determine the description of self-affirmation, determine the description of academic anxiety and determine the influence of self-affirmation on academic anxiety in Syiah Kuala University students. This research uses a quantitative approach with an expost-facto type of research. The population of this study was students at Syiah Kuala University. The data collection technique used was cluster sampling so that there were two faculties that met the sampling criteria with a total of 368 respondents. The data obtained used a self-affirmation scale with a reliability of 0.897 from 20 items and an academic anxiety scale with reliability 0 .90 out of 35 items. Data analysis in this study used correlation tests and simple linear regression tests. Based on this research, it is known that the average value of the level of self-affirmation among students is in the medium category with a value of 49 and the average value of the level of academic anxiety is in the medium category with a value of 87. The results of this research based on simple linear regression analysis have F = 8.960 with The significance level is 0.003

Citation



    SERVICES DESK