PENGARUH CITRA DESTINASI TERHADAP MINAT BERKUNJUNG PADA OBJEK WISATA HALAL MUSEUM TSUNAMI ACEH DENGAN KEAKRABAN DESTINASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH CITRA DESTINASI TERHADAP MINAT BERKUNJUNG PADA OBJEK WISATA HALAL MUSEUM TSUNAMI ACEH DENGAN KEAKRABAN DESTINASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI


Pengarang

ANNIDHA FATHIN - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Hendra Halim - 199207012022031006 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

2001104010071

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Islam (S1) / PDDIKTI : 60202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : ., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra destinasi terhadap minat berkunjung pada objek wisata halal Museum Tsunami Aceh. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang merupakan wisatawan yang sudah pernah mengunjungi Museum Tsunami Aceh setidaknya 1 kali. Teknik analisis data yang digunakan berupa Moderate Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung pada objek wisata halal Museum Tsunami Aceh, selanjutnya variabel keakraban destinasi memoderasi pengaruh citra destinasi terhadap minat berkunjung. Namun, dikarenakan koefisien regresi menunjukkan nilai negatif, maka keakraban destinasi melemahkan pengaruh citra destinasi terhadap minat berkunjung. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa citra destinasi yang dibangun melalui promosi dan komunikasi yang sesuai dengan nilai-nilai pengunjung berpengaruh terhadap minat berkunjung wisatawan. Keakraban destinasi yang memperlemah hubungan pengaruh citra destinasi terhadap minat berkunjung menjadi catatan penting bagi pengelola destinasi wisata agar dapat selalu berinovasi dalam menciptakan pengalaman baru yang menarik bagi pengunjung.

This study aims to analyze the impact of destination image on visit intentions to the halal tourism attraction of the Tsunami Museum Aceh. The sample consists of 100 respondents who have visited the Tsunami Museum Aceh at least once. The data analysis technique used is Moderate Regression Analysis (MRA). The results indicate that the destination image has a positive and significant effect on visit intentions to the halal tourism attraction of the Tsunami Museum Aceh. Furthermore, the destination familiarity variable moderates the effect of destination image on visit intentions. However, since the regression coefficient is negative, destination familiarity weakens the influence of destination image on visit intentions. Based on these findings, it can be concluded that a destination image built through promotion and communication aligned with visitor values affects tourist visit intentions. The weakening effect of destination familiarity on the relationship between destination image and visit intentions serves as a crucial note for destination managers, emphasizing the need to continually innovate and create new experiences that are appealing to visitors.

Citation



    SERVICES DESK