PENGEMBANGAN ASESMEN BERBASIS HIGH ORDER THINGKING (HOT) PADA MATERI OPTIK DI SMAN 5 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGEMBANGAN ASESMEN BERBASIS HIGH ORDER THINGKING (HOT) PADA MATERI OPTIK DI SMAN 5 BANDA ACEH


Pengarang

RAUDHATUL JANNAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Ngadimin - 196203281990111001 - Dosen Pembimbing I
Elmi Mahzum - 196802071993031003 - Dosen Pembimbing II
Mawarni Saputri - 199311052020122003 - Penguji
Musdar - 198907172012011101 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1806103030034

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Fisika., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik asesmen berbasis (HOT) yang dikembangkan layak digunakan sebagai instrumen penilaian. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan ialah ADDIE mencakup (analysis, design, development), kemudian dilanjutkan dengan tahap pengembangan implemation, dan evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 4 dan 5 di SMAN 5 Banda Aceh. Instrumen penelitian yang digunakan soal uraian dan dokumen instrumen soal yang dibangun berdasarkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOT). Analisis data menggunakan data kualitatif berupa kritik dan saran yang dikemukakan oleh ahli materi, yang melibatkan 3 validator yang melakukan pada aspek penyajian dan penilaian, sedangkan analisis data kuantitatif mencakup uji validitas, uji reabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya beda. Persentase rata-rata yang diperoleh pada aspek penyajian sebesar 90%, termasuk kategori sangat valid dan pada aspek penilaian sebesar 87,5%, termasuk kategori sangat valid. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian berbasis HOT yang telah dikembangkan sangat valid digunakan sebagai bahan ajar dan diharapkan adanya pengembangan lanjutan terhadap instrumen penilaian berbasis HOT menggunakan materi lainnya.

This study aims to determine the characteristics of the developed (HOT)-based assessment that is feasible to use as an assessment instrument. The research method used in this research is development or Research and Development (R&D). The development model used is ADDIE including (analysis, design, development), then continued with the development stages of implementation, and evaluation. The subjects in this study were XII IPA 4 and 5 students at SMAN 5 Banda Aceh. The research instruments used were description questions and question instrument documents that were built based on higher order thinking skills (HOT). Data analysis used qualitative data in the form of criticisms and suggestions put forward by material experts, involving 3 validators who conducted on the aspects of presentation and assessment, while quantitative data analysis included validity tests, reliability tests, difficulty tests, and differential tests. The average percentage obtained in the presentation aspect was 90%, including the very valid category and in the assessment aspect it was 87,5%, including the very valid category. The research results can be concluded that the HOT-based assessment instrument that has been developed is very valid for use as teaching material and it is hoped that there will be further development of the HOT based assessment instrument using other materials.

Citation



    SERVICES DESK