HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VII MTSN 1 ACEH TENGAH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VII MTSN 1 ACEH TENGAH


Pengarang

AZZAH NURUL AIDA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Bintang Zaura - 196311091991032001 - Dosen Pembimbing I
Ellianti - 196510301990022002 - Dosen Pembimbing II
Suhartati - 197410211999032001 - Penguji
M. Hasbi - 196207091989031017 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1906103020087

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Azzah Nurul Aida. 2024. Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar melalui Model Problem Based Learning di Kelas VII MTsN 1 Aceh Tengah. Skripsi. Universitas Syiah Kuala. Dibawah bimbingan Dra. Bintang Zaura, M.Pd., dan Dra. Ellianti, M.Pd Guru harus menggunakan berbagai metode untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Beberapa siswa masih memperoleh nilai akhir ujian matematika di bawah kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran KKTP yang telah ditentukan guru. Salah satu faktor keberhasilan pembelajaran matematika adalah hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa akan ditentukan oleh keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, perlu tindaklanjut dengan cara memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan, salah satu model yang sesuai dengan materi bangun datar yaitu model pembelajaran Problem Based Learning PBL. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi bangun datar melalui model PBL sudah mencapai KKTP di kelas VII MTsN 1 Aceh Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN dan sampel yang diambil hanya satu kelas pada kelas VII. Data dikumpulkan melalui tes akhir yaitu tes yang diberikan dengan pembelajaran PBL. Data dianalisis menggunakan uji t pada taraf signifikan alfa sama dengan 0,05. Hal ini sesuai dengan hasil analisis data pada taraf signifikan alfa sama dengan 0,05 dan dk sama dengan 23 diperoleh thitung lebih dari ttabel yaitu 3,84 lebih dari 1,71 Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar segiempat mengalami peningkatan hasil belajar. Kata Kunci: Materi Bangun Datar, Model Problem Based Learning, Hasil Belajar.

Azzah Nurul Aida. 2024. Student Learning Outcomes Two Dimension Material through the Problem Based Learning Model in Class VII MTsN 1 Central Aceh. Thesis. Syiah Kuala University. Under the guidance of Dra. Bintang Zaura, M.Pd., and Dra. Ellianti, M.Pd Teachers must use various methods to improve student learning outcomes. Some students still get their final mathematics exam scores below the criteria for achieving learning objectives KKTP that have been determined by the teacher. One factor in the success of mathematics learning is student learning outcomes. Student learning outcomes will be determined by student activity in the learning process. Therefore, it is necessary to follow up by choosing a learning model that is appropriate to the material being taught, one model that is suitable to the flat material material is the Problem Based Learning PBL learning model. The aim of this research is to determine whether student learning outcomes in flat shape material through the PBL model have reached the KKTP in class VII MTsN 1 Central Aceh. This research is experimental research with a quantitative approach. This type of research uses a preexperimental design. The population in this study were all students in class VII MTsN and the sample taken was only one class in class VII. Data was collected through a final test, namely a test given with PBL learning. Data were analyzed using the ttest at the significance level alfa together with 0.05. This is in accordance with the results of data analysis at a significant level of alfa together with 0,05 and dk together with 23, obtained by thitung more than ttabel namely 3,84 more than 1,71. The results of the research show that students mathematics learning outcomes in the quadrilateral plane material have increased learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes, Two Dimension, Problem Based Learning Model.

Citation



    SERVICES DESK