EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI FLASH BERBASIS EMBEDDED TEST TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA INSAN MADANI MEUKEK | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI FLASH BERBASIS EMBEDDED TEST TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA INSAN MADANI MEUKEK


Pengarang

Intan Rahmadani - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Agus Wahyuni - 196208251988111001 - Dosen Pembimbing I
Elmi Mahzum - 196802071993031003 - Dosen Pembimbing II
Susanna - 196307071989032001 - Penguji
Mawarni Saputri - 199311052020122003 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1906103030024

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Fisika., 2024

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini mengangkat masalah tentang rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika dan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran animasi flash berbasis embedded test terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di SMA Insan Madani Meukek. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan design one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Insan Madani Meukek. Pengambilan sampel melalui teknik total sampling yaitu kelas XI yang berjumlah 15 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan angket. Analisis data menggunakan uji N-Gain dan uji t dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas sebagai uji prasyarat analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa media animasi flash berbasis embedded test efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di SMA Insan Madani Meukek. Hal ini dilihat dari hasil uji hipotesis yang di dapatkan thitung > ttabel yaitu 2,010 > 1,761 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini juga didukung oleh nilai mean pada posttest yaitu sebesar 80. Nilai rata – rata uji N-Gain dalam persen sebesar 70 termasuk kategori efektif.

This research raises the problem of low student learning outcomes in physics subjects and the lack of enthusiasm and student activeness during the learning process. This study aims to determine the effectiveness of using flash animation learning media based on embedded tests on student learning outcomes on effort and energy material at Insan Madani Meukek High School. This type of research is pre-experimental with a one group pretest posttest design. The population of this study were all students of class XI Insan Madani Meukek High School. Sampling through total sampling technique, namely class XI which amounted to 15 students. Data collection was carried out using learning outcome tests and questionnaires. Data analysis used N-Gain test and t-test with normality test as a prerequisite test of analysis. The results showed that flash animation media based on embedded tests were effective on student learning outcomes on effort and energy material at Insan Madani Meukek High School. This can be seen from the results of the hypothesis test which is obtained t_count > t_table, namely 2.010> 1.761 then Ho is rejected and Ha is accepted. This is also supported by the mean value on the posttest which is 80. The average value of the N-Gain test in percent of 70 is included in the effective category.

Citation



    SERVICES DESK