HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS MAN ACEH SINGKIL | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS MAN ACEH SINGKIL


Pengarang

Ririn Musfina - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Mirza Desfandi - 198212132010121001 - Dosen Pembimbing I
Cut Vita Rajiatul Jummi - 199101182019032021 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1806101040060

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : ., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pemanfaatan sumber belajar adalah salah satu sumber untuk meningkatkan produktivitas pembelajaran. minat baca merupakan ketertarikan atau kecenderungan seseorang untuk membaca tanpa adanya paksaan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar geografi di perpustakaan sekolah dan minat baca dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS MAN Aceh Singkil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS MAN Aceh Singkil yang berjumlah 28 siswa yang diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan hubungan pemanafaatan sumber belajar geografi di perpustakaan sekolah dan minat baca dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS pada kategori Kuat. Hasil analisis korelasi ganda sebesar 0,66 yang berarti terdapat hubungan yang kuat, Koefisien determinasi 43%. Hasil uji signifikansi menunjukkan 10,5. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar geografi dan minat baca dengan hasil belajar siswa kelas XI IPS MAN Aceh Singkil.

Kata kunci: Hubungan, Pemanfaatan Sumber Belajar, Minat Baca, Hasil Belajar

Utilization of learning resources is one source for increasing learning productivity. Reading interest is a person's interest or tendency to read without compulsion. The research aims to determine whether there is a positive and significant relationship between the use of geography learning resources in the school library and interest in reading and the learning outcomes of class XI IPS students at MAN Aceh Singkil. This research uses a quantitative approach and correlation research type. The population in this study were all students of class XI IPS MAN Aceh Singkil, totaling 28 students taken using saturated sampling techniques. Research data was collected using documentation and questionnaires. The results of the research show a relationship between the use of geography learning resources in the school library and interest in reading with the learning outcomes of class XI IPS students in the Strong category. The results of the multiple correlation analysis were 0.66, which means there is a strong relationship, the coefficient of determination is 43%. The significance test results show 10.5. This means that there is a significant relationship between the use of geography learning resources and interest in reading and the learning outcomes of class XI IPS students at MAN Aceh Singkil.. Keywords: Relationships, Utilization of Learning Resources, Reading Interest, Learning Outcomes

Citation



    SERVICES DESK