KEMAMPUAN GURU PJOK DALAM MENYUSUN PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI KABUPATEN ACEH BARAT DAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

KEMAMPUAN GURU PJOK DALAM MENYUSUN PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SD NEGERI KABUPATEN ACEH BARAT DAYA


Pengarang

Yunadi - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Razali - 196510021992031001 - Dosen Pembimbing I
Ahadin - 196009181986031004 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2206204020016

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Olahraga (S2) / PDDIKTI : 85101

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : ., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Guru PJOK bertanggung jawab untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang berkualitas dan melaksanakan proses pembelajaran yang efektif agar tujuan pembelajaran tercapai. RPP yang baik akan memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang terstruktur dan terarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru PJOK dalam menyusun RPP dan pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri Kabupaten Aceh Barat Daya dan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru PJOK. Pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan mix method (metode gabungan) dengan jenis explanatory sequential design. Sampel penelitian yaitu guru PJOK berjumlah 9 orang yang aktif bertugas di SD Negeri se Kabupaten Aceh Barat Daya. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Kemampuan guru PJOK dalam menyusun RPP di SD Negeri Kabupaten Aceh Barat Daya berada dalam kategori “Kurang”. Guru belum mampu menyusun komponen RPP yang mencakup indikator tujuan, materi, dan penilaian pembelajaran (assesment) dengan baik. 2) Kemampuan guru PJOK dalam melaksanakan pembelajaran di SD Negeri Kabupaten Aceh Barat Daya memperoleh kategori “Baik”. Guru mampu menampilkan aspek kepribadian yang mencakup indikator memesona, berwibawa, tegas, penuh panggilan jiwa, dan samapta dengan baik. Pada kegiatan pembelajaran, guru mampu melaksanakan kegiatan membuka pelajaran, penguasaan materi, penentuan langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, evaluasi proses dan hasil belajar serta menutup pembelajaran dengan baik. 3) Kendala yang dihadapi oleh guru PJOK dalam melaksanakan proses pembelajaran di SD Negeri Kabupaten Aceh Barat Daya yaitu terkait terbatasnya ketersediaan sarana dan prasarana pembelajaran PJOK dan keterbatasan waktu dalam kegiatan pembelajaran terutama untuk mengevaluasi proses pembelajaran setiap siswa secara menyeluruh.

PJOK teachers are responsible for preparing quality Learning Implementation Plans (RPP) and implementing an effective learning process so that learning objectives are achieved. Good lesson plans will facilitate teachers in carrying out structured and directed learning. The purpose of this study was to determine the ability of PJOK teachers in preparing lesson plans and implementing learning in public elementary schools in Abdya and the obstacles faced by PJOK teachers. The approach that the author uses in this research is a qualitative approach with descriptive research type. The research sample is 9 PJOK teachers who are actively serving in public elementary schools in Abdya. Data collection techniques that researchers use are interview methods and documentation studies. Based on the results of the study it can be concluded that: (1) The ability of PJOK teachers in preparing lesson plans in public elementary schools in Abdya is in the "Lack" category with an average score of 5.7. Teachers have not been able to compile lesson plan components which include indicators of objectives, material, and learning assessment (assessment) properly, (2) The ability of PJOK teachers in carrying out learning in public elementary schools in Southwest Aceh Regency obtained the "Good" category with an average score of 6.5. Teachers are able to display personality aspects which include indicators of charming, authoritative, assertive, full of soul, and samapta well. In learning activities, teachers are able to carry out activities to open lessons, master material, determine learning steps (activities), evaluate the process and learning outcomes and close learning well, (3) The obstacles faced by PJOK teachers in carrying out the learning process in public elementary schools in Abdya are related to the limited availability of PJOK learning facilities and infrastructure and limited time in learning activities, especially to evaluate the learning process of each student thoroughly.

Citation



    SERVICES DESK