EKSPLORASI RUMAH SEHAT DALAM ANIMASI 3 DIMENSI MENGGUNAKAN METODE MDLC (MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    LAPORAN KERJA PRAKTEK

EKSPLORASI RUMAH SEHAT DALAM ANIMASI 3 DIMENSI MENGGUNAKAN METODE MDLC (MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE)


Pengarang

Amira Lutfiyah Zulfakar - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Junidar - 197806102006042001 - Dosen Pembimbing I
Cut Vita Rajiatul Jummi - 199101182019032021 - Dosen Pembimbing II
Kikye Martiwi Sukiakhy - 198605202019032009 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

2108001010039

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Manajemen Informatika (D3) / PDDIKTI : 57401

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : ., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pembuatan video animasi 3D eksplorasi rumah sehat ini bertujuan untuk
memvisualisasikan konsep rumah yang mendukung kesehatan penghuninya. Melalui
teknologi animasi 3D serta sebagai alat edukasi yang efektif bagi masyarakat umum.
Minimnya pemahaman masyarakat mengenai konsep rumah sehat memotivasi proyek
ini guna meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat terkait pentingnya
menciptakan lingkungan rumah yang sehat. Pembuatan video animasi ini melalui
metode MDLC (Mutimedia Development Life Cycle) yang melalui enam tahapan,
yaitu Concept, Design, Obtaining Content Material, Assembly, Testing, dan
Distribution. Proyek ini menggunakan software seperti Adobe Illustrator 2020,
Blender 3.6.4, Adobe Premiere Pro 2020, dan CapCut. Hasil akhir dari proyek ini
adalah video animasi tiga dimensi yang berdurasi 5 menit 44 detik dengan output frame
rate 24 fps dan format video MPEG-4. Video animasi ini melewati 2 tahap pengujian,
yaitu melalui Media Player dan Kuisioner. Hasil pengujian yang dilakukan oleh 17
responden dengan rentang usia 17-53 tahun yaitu terdapat kesesuaian antara
perencanaan di awal dengan hasil video yang telah dibuat dan meningkatnya wawasan
responden setelah menonton video animasi yang diberikan. Sebanyak 70,6%
responden menyatakan bahwa konsep rumah sehat yang ditampilkan dalam animasi
sangat jelas. Selain itu, 64,7% responden merasa bahwa animasi ini sangat efektif
dalam menyampaikan informasi, membantu pemahaman tentang rumah sehat, serta
meningkatkan kesadaran akan pentingnya konsep tersebut. Sebanyak 58,8%
responden menilai informasi yang disampaikan dalam animasi sangat relevan dengan
kebutuhan mereka dan penggunaan warnanya juga sesuai. Sementara itu, 52,9%
responden mengungkapkan kepuasan yang tinggi terhadap animasi ini, dengan durasi
yang dianggap sangat cukup, serta konten yang menarik dan mudah dipahami. Hasil
video ini dipublikasikan ke Youtube dan kuesioner.

Kata kunci : Animasi 3D, Rumah Sehat, MDLC, Blender, MPEG-4

The creation of this healthy home exploration 3D animation video aims to visualise the concept of a home that supports the health of its residents. Through 3D animation technology and as an effective educational tool for the general public. The lack of public understanding of healthy homes motivates this project to increase public awareness and knowledge regarding the importance of creating a healthy home environment. The making of this animation video through the MDLC(Multimedia Development Life Cycle) method, which goes through six stages, namely Concept, Design, Obtaining Content Material, Assembly, Testing, and Distribution. This project uses software such as Adobe Illustrator 2020, Blender 3.6.4, Adobe Premiere Pro 2020, and CapCut. The final result of this project is a three-dimensional animation video that lasts 5 minutes 44 seconds with an output frame rate of 24 fps and MPEG4 video format. This animation video went through 2 stages of testing, namely through Media Player and Questionnaire. The results of testing conducted by 17 respondents with an age range of 17-53 years are that there is a match between the initial planning and the results of the video made and the increased insight of the respondents after watching the animation video given. As many as 70.6% of respondents stated that the concept of a healthy home displayed in the animation was very clear. In addition, 64.7% of respondents felt that the animation was very effective in conveying information, aiding understanding of healthy homes, and raising awareness of the importance of the concept. A total of 58.8% of respondents considered the information conveyed in the animation to be very relevant to their needs, and the use of colours was also appropriate. Meanwhile, 52.9% of respondents expressed high satisfaction with this animation, with the duration considered very sufficient, and the content interesting and easy to understand. The results of this video were published on YouTube and questionnaires. Keywords: 3D Animation, Healthy Home, MDLC, Blender, MPEG-4

Citation



    SERVICES DESK