ANALISIS KEMAMPUAN GURU PJOK DALAM MENYUSUN PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA SD NEGERI DI KABUPATEN ACEH SELATAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

ANALISIS KEMAMPUAN GURU PJOK DALAM MENYUSUN PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PADA SD NEGERI DI KABUPATEN ACEH SELATAN


Pengarang

Syukri - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Syamsulrizal - 196701301992031003 - Dosen Pembimbing I
Razali - 196510021992031001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2206204020007

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Olahraga (S2) / PDDIKTI : 85101

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Olahraga (S-2)., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Syukri, (2024). Analisis Kemampuan Guru PJOK dalam Menyusun Perencanaan
dan Pelaksanaan Pembelajaran Pada SD Negeri di Kabupaten Aceh Selatan

Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi yang terjadi antara pendidik dan peserta didik dalam suatu lingkungan belajar untuk mencapai tujuan belajar. Tujuan Penelitan ini adalah Untuk mengetahui kemampuan guru PJOK dalam menyusun perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi oleh guru PJOK dalam menyusun perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan Mix menthods. Populasi dalam penelitian ini adalah 205 guru PJOK SD Negeri Kabupaten Aceh Selatan. Mengingat luasnya daerah yang akan diteliti serta segala keterbatasan yang ada pada peneliti, maka dijadikan sampel 7 guru PJOK yang aktif bertugas pada SD Negeri di Kabupaten Aceh Selatan. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu teknik Pengumpulan dokumentasi dalam bentuk RPP,Observasi dengan rekaman vidio,dan wawancara untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif. Pertama-tama RPP dan rekaman vidio dinilai oleh 2 tim ahli menggunakan instrumen yang ada, lalu setelah skor diketahui dilanjutkan dengan mencari nilai rata-rata dan persentase kemampuan guru PJOK dalam menyusun perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Data diolah dengan menggunakan teknik statistik dalam bentuk perhitungan nilai rata-rata (mean), dan persentase (P). Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) hasil penyusunan pembelajaran diperoleh nilai rata-rata sebesar 5,37 berada pada kategori kurang dengan persentase 52,94%. (2) hasil analisis data pelaksanaan pembelajaran pada guru PJOK SD Negeri Kabupaten Aceh Selatan di peroleh nilai rata-rata sebesar 6,75 berada pada kategori baik dengan persentase 80,56%. Berdasarkan hasil perhitungan persentase diatas dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru PJOK dalam menyusun perencanaan pembelajaran berada pada katagori kurang, sedangkan hasil analsisis data kemampuan guru PJOK di SD Negeri Kabupaten Aceh Selatan dalam pelaksanaan pembelajaran berada pada kategori baik. Selanjutnya Kendala yang dihadapi adalah keterbatasan sumberdaya dan referensi yang relefan,penyesuaian kurikulum dengan perubahan kurikulum dan berangam kebutuhan siswa yang sulit mencangkup semua kebutuhan.
Kata kunci : Penyusunan dan pelaksanaan pembelajaran

ABSTRACT Syukri, (2024). analysis of the ability of pjok teachers in planning and implementing learning in public elementary schools in the southern aceh district Learning is a process of interaction that occurs between educators and students in a learning environment to achieve learning goals. The purpose of this research is to find out the ability of PJOK teachers in planning and implementing learning, as well as identify the obstacles faced by PJOK teachers in planning and implementing learning in South Aceh District State Elementary Schools. This study uses a mixed methods approach. The population in this study was 205 public elementary school physical education teachers in South Aceh Regency. Given the vast area to be studied and all the limitations that exist in researchers, a sample of 7 PJOK teachers who are actively serving in public elementary schools in South Aceh Regency. Data collection techniques that researchers use in this study are documentation collection techniques in the form of lesson plans, observations with video recordings, and interviews to find out the obstacles faced by teachers. The data analysis technique used in this research is descriptive analysis. First of all, the lesson plans and video recordings were assessed by 2 teams of experts using existing instruments, then after the score was known, continued by finding the average value and percentage of the ability of PJOK teachers in planning and implementing learning. The data was processed using statistical techniques in the form of calculating the average value (mean), and percentage (P). The research results obtained are as follows: (1) the results of the preparation of learning obtained an average value of 5.37 are in the less category with a percentage of 52.94%. (2) the results of data analysis of learning implementation in public elementary physical education teachers in South Aceh Regency obtained an average value of 6.75 in the good category with a percentage of 80.56%. Based on the results of the percentage calculation above, it can be concluded that the ability of PJOK teachers to prepare lesson plans is in the category of less, while the results of data analysis of the ability of PJOK teachers in South Aceh District State Elementary Schools in implementing learning are in a good category. Furthermore, the obstacles faced are limited resources and relevant references, curriculum adjustments with curriculum changes, and the diverse needs of students who find it difficult to cover all needs. Keywords: Preparation and implementation of learning.

Citation



    SERVICES DESK