ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN GRAB MENGGUNAKAN STRUCTURAL EQUATION MODELING – PARTIAL LEAST SQUARE (SEM-PLS) (STUDI KASUS PADA @COLLEGEMENFESS) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN GRAB MENGGUNAKAN STRUCTURAL EQUATION MODELING – PARTIAL LEAST SQUARE (SEM-PLS) (STUDI KASUS PADA @COLLEGEMENFESS)


Pengarang

DESRIKA ILHAMI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Radhiah - 198508142014042001 - Dosen Pembimbing I
Rini Oktavia - 197010121995122002 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2008101010044

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Matematika (S1) / PDDIKTI : 44201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas MIPA Matematika., 2024

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Penggunaan transportasi online semakin meningkat di Indonesia. Grab adalah salah satu layanan transportasi online yang menghadapi tantangan dalam menjaga kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Grab dengan menggunakan pendekatan SEM-PLS. Data dikumpulkan melalui kuisioner yang disebarkan kepada 100 pengguna Grab pada base aplikasi X @collegemenfess. Analisis data dilakukan menggunakan aplikasi SMARTPLS dan simulasi perhitungan manual dihitung menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Hasil dari penelitian menggunakan kedua aplikasi tersebut menunjukkan bahwa harga dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang lebih besar daripada harga.
Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Grab, SEM-PLS.

ABSTRACT The use of online transportation is increasing in Indonesia. Grab is one of the online transportation services that faces challenges in maintaining customer satisfaction. This study aims to analyze the effect of price and service quality on Grab customer satisfaction using the SEM-PLS approach. Data was collected through questionnaires distributed to 100 Grab users on the X @collegemenfess application base. Data analysis was carried out using SMARTPLS and a manual calculation simulation was done using Microsoft Excel. The results of the research using the two applications show that price and service quality have a positive and significant influence on customer satisfaction with service quality having a greater influence than price. Keywords: Price, Service Quality, Customer Satisfaction, Grab, SEM-PLS.

Citation



    SERVICES DESK