Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN GRAB MENGGUNAKAN STRUCTURAL EQUATION MODELING – PARTIAL LEAST SQUARE (SEM-PLS) (STUDI KASUS PADA @COLLEGEMENFESS)
Pengarang
DESRIKA ILHAMI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Radhiah - 198508142014042001 - Dosen Pembimbing I
Rini Oktavia - 197010121995122002 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
2008101010044
Fakultas & Prodi
Fakultas MIPA / Matematika (S1) / PDDIKTI : 44201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas MIPA Matematika., 2024
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Penggunaan transportasi online semakin meningkat di Indonesia. Grab adalah salah satu layanan transportasi online yang menghadapi tantangan dalam menjaga kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Grab dengan menggunakan pendekatan SEM-PLS. Data dikumpulkan melalui kuisioner yang disebarkan kepada 100 pengguna Grab pada base aplikasi X @collegemenfess. Analisis data dilakukan menggunakan aplikasi SMARTPLS dan simulasi perhitungan manual dihitung menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Hasil dari penelitian menggunakan kedua aplikasi tersebut menunjukkan bahwa harga dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang lebih besar daripada harga.
Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Grab, SEM-PLS.
ABSTRACT The use of online transportation is increasing in Indonesia. Grab is one of the online transportation services that faces challenges in maintaining customer satisfaction. This study aims to analyze the effect of price and service quality on Grab customer satisfaction using the SEM-PLS approach. Data was collected through questionnaires distributed to 100 Grab users on the X @collegemenfess application base. Data analysis was carried out using SMARTPLS and a manual calculation simulation was done using Microsoft Excel. The results of the research using the two applications show that price and service quality have a positive and significant influence on customer satisfaction with service quality having a greater influence than price. Keywords: Price, Service Quality, Customer Satisfaction, Grab, SEM-PLS.
PENGARUH DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PRODUK PT NESTLE INDONESIA DI ACEH BESAR (Khairul Rizki, 2024)
PENGARUH SUASANA TOKO DAN LOKASI TERHADAP MINAT BELI ULANG YANG DIMEDIASI KEPUASAN PELANGGAN PADA COFFEE SHOP KANARASA (RATU FAGHIRA RANIYA, 2022)
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA PADA NIAT MEMBELI ULANG PADA PELANGGAN CAFE RESAM GAYO LUES (Mulyadi. SN, 2023)
PENGARUH KUALITAS LAYANAN JASA LOGISTIK TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING (STUDI KASUS : JNE EXPRESS BANDA ACEH) (Sarmila Putri, 2018)
ANALISIS LOYALITAS PELANGGAN INDUSTRI JASA PENGIRIMAN DENGAN MENGGUNAKAN STRUCTURAL EQUATION MODELLING (STUDI KASUS:PT. POS INDONESIA-BANDA ACEH) (siti hajar, 2016)