Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR 3 PADA MATERI STRUKTUR KERUANGAN DESA DAN KOTAKELAS XII IPS SMA NEGERI 1 TAKENGON
Pengarang
Gansar - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Mirza Desfandi - 198212132010121001 - Dosen Pembimbing I
M. Hafizul Furqan - 199106092023211019 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1806101040008
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP Geografi.,
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Gansar (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Menggunakan Smart Apps Creator 3 Pada Materi Struktur Keruangan Desa dan Kota Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Takengon
Media pembelajaran berbasis aplikasi android sangat cocok diterapkan pada setiap materi pembelajaran sekolah termasuk Geografi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kesesuaian materi dengan media pembelajaran berbasis android menggunakan Smart Apps Creator 3 oleh ahli materi, (2) mengetahui kesesuaian materi dengan media pembelajaran berbasis android menggunakan Smart Apps Creator 3 oleh ahli materi, (3) mengetahui tingkat pemahaman peserta didik kelas XII IPS SMA Negeri 1 Takengon pada materi Struktur Keruangan Desa dan Kota setelah menggunakan media pembelajaran berbasis Smart Apps Creator 3, (4) mengetahui respon peserta didik SMA Negeri 1 Takengon terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis Smart Apps Creator 3. Jenis penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Validasi media dilakukan oleh dua orang ahli media dan dua ahli materi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi, pre-test, post-test, dan angket respon media. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Saran-saran yang diperoleh dijadikan acuan untuk melakukan revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan (1) validasi dari ahli media sebesar 99,15% dengan predikat sangat layak, (2) validasi dari ahli materi sebesar 95,00% dengan predikat sangat layak, (3) sebanyak 13 orang peserta didik atau 50% mendapatkan kriteria gain tinggi,(4) respon peserta didik terhadap produk media sebesar 95% pada umumnya merespon positif pembelajaran menggunakan media pembelajaran Smart Apps Creator 3. Guru diharapkan dapat menggunakan produk media pembelajaran Geografi Smart Apps Creator 3 sebagai sarana untuk meningkatkan proses pembelajaran peserta didik pada materi Struktur Keruangan Desa dan Kota.
Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Geografi, SmartApps Creator
Gansar (2024). Development of Geography Learning Media Using Smart Apps Creator 3 on Spatial Structure of Rural and Urban Areas for Grade 12 Social Studies at SMA Negeri 1 Takengon. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala] Under derection of Dr. Mirza Desfandi, S.Pd., M.Soc.Sc and Dr. M. Hafizul Furqan, S.Pd., M.Pd This research was motivated by the lack of technology integration in the learning process. Android-based learning media are highly suitable for implementation in various school subjects, including Geography. The aims of this study were: (1) to determine the suitability of the material with Android-based learning media using Smart Apps Creator 3 according to material experts, (2) to determine the suitability of the material with Android-based learning media using Smart Apps Creator 3 according to media experts, (3) to assess the understanding level of 12th-grade students at SMA Negeri 1 Takengon on the topic of Spatial Structure of Rural and Urban Areas after using Smart Apps Creator 3-based learning media, and (4) to evaluate student responses at SMA Negeri 1 Takengon towards the use of Smart Apps Creator 3-based learning media. This study employed Research and Development (R&D) with the ADDIE model. Media validation was carried out by two media experts and two material experts. Data collection instruments included validation sheets, pre-tests, post-tests, and media response questionnaires. The collected data were analyzed using descriptive statistics. The suggestions obtained were used as references for product revisions. The results showed: (1) media validation received a score of 99.15%, categorized as highly feasible, (2) material validation scored 95.00%, also categorized as highly feasible, (3) 13 students or 50% achieved a high gain criterion, (4) student responses to the media product indicated that 95% of students gave positive feedback towards learning with Smart Apps Creator 3-based learning media for the topic of Spatial Structure of Rural and Urban Areas. Teachers are encouraged to use the Smart Apps Creator 3 geography learning media product as a tool to enhance the learning process for students on the topic of Spatial Structure of Rural and Urban Areas. Keywords: Development, Learning Media, Geography, Smart Apps Creator
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SMART APPS CREATOR (SAC) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KUTA BARO (MIFTAHUL AZRA, 2024)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL MEDIA KOMIK DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 TAKENGON (DARMAWAN, 2016)
PENGGUNAAN MEDIA AJAR PADA GURU SENI BUDAYA DALAM BIDANG SENI MUSIK DI SMA NEGERI SE KOTA ACEH TENGAH (TRIA AYU DINI, 2015)
PEMANFAATAN SMART BOARD PADA MATERI TRANSFORMASI DI KELAS VIII SPK SMP TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH (Nurul Rahmah, 2019)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE PROBLEM POSING DAN PROBING PROMPTING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 3 TAKENGON (Erdini Susanti, 2019)